RANCANG BANGUN ALAT INSTRUMENTASI MENGHITUNG KECEPATAN DAN ARAH ANGIN BERBASIS ARDUINO

Andhika Pratama, Muhaimin Muhaimin, Jamaluddin Jamaluddin

Abstract


Abstrak Angin dalam kehidupan sehari-hari dapat bermanfaat dan juga merugikan. Angin yang tenang sesuai dengan batas aman dapat bermanfaat, sebaliknya angin yang terlalu cepat dapat merugikan. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan maka diciptakan alat penghitung kecepatan dan arah angin untuk mengetahui kestabilan angin dan juga arah angin yaitu Anemometer untuk mengetahui kecepatan angin, dan Windspeed untuk mengetahui arah angin. Hasil dari alat pengukuran akan di tampilkan ke LCD 2*16 berupa nilai lecepatan dan arah angin. Nilai kecepatan angin akan di tampilkan dalam satuan km/s, sedangkan arah angina berupa 8 arah mata angin. Pengambilan data dari alat ini masih berupa skala lab dengan mengguanakan kipas angin untuk inputnya.

 

Kata Kunci—  Mikrokontroler Arduino Nano, LCD, Windspeed Sensor, Direction Sensor, Bluetooth Module HC-05

 Motor DC, Power Supply


References


Budi dkk, (2014). “Rancang Bangun Detektor Kecepatan Dan Arah Angin Berbasis Mikrokontroller At89s52”. Skripsi. Fakultas Tekik dan Ilmu Komputer, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Kristen krida Wacana.

Muhammad Saleh, (2015). “Penampil Informasi Menggunakan Mikrokontroller Arduino328 Berbasis Web”. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura.

Muhammad R, dkk. (2016). “Sistem Kendali Holding Position Pada Quadcopter Berbasis Mikrokontroller Atmega 328p”. Skripsi. Universitas Lampung Bandar Lampung.

Robby I, (2007). “Rancang Bangun Aplikasi Pengendali Kecepatan Fan (Kipas Angin) Berbasis Android”. Skripsi. Jurusan Teknik ELektro, Fakultas Teknik, Universitas Dian Nuswantoro.

Yuri Pramono, (2016). “Monitoring Data Kecepatan Dan Arah Angin SecaraReal Time Melalui Web”. Skripsi. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung Bandar Lampung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.