RANCANG BANGUN SISTEM PENGENDALIAN SIRKULASI UDARA DALAM RUANGAN BERDASARKAN KADAR GAS KARBON MONOKSIDA (CO)

Slamet Raharjo, Jamaluddin Jamaluddin, Azhar Azhar

Abstract


AbstrakPolusi udara di dalam ruangan menjadi masalah kesehatan yang lebih serius dibanding di luar ruangan. Ini disebabkan secara umum sebagian besar waktu dihabiskan di dalam ruangan.  Pada ruangan kondisi lebih tertutup sehingga bahan pencemar justru tidak mengalir bebas tetapi terakumulasi. Salah satu polutan yang  banyak ditemui di dalam ruangan adalah gas karbon monoksida (CO) yang merupakan gas anorganik hasil pembakaran. Berdasarkan masalah tersebut maka penulis membuat alat yang dapat mengendalikan sirkualsi udara dalam ruangan berdasarkan kadar Gas CO. Dalam penelitian ini, digunakan sensor MQ-7 untuk mendeteksi kadar gas CO dalam ruangan. Kadar gas CO yang terukur ditampilkan pada LCD dalam satuan PPM (Part Per Million). Apabila gas CO dalam ruangan melebihi 35 PPM maka exhaust fan akan aktif untuk membuang gas CO keluar ruangan dan modul suara ISD1760 juga akan aktif untuk memberitahukan bahwa gas CO dalam ruangan sudah melebihi nilai ambang batas. Dari hasil pengujian yang diukur dengan alat ini, kadar rata-rata gas CO pada ruangan tertutup dengan volume 30000m3 saat kondisi normal adalah 4,6 PPM. Waktu rata-rata penetralisiran gas CO pada 38,36 PPM ke kondisi aman yaitu < 35 PPM adalah 5,675 detik. Alat yang dirancang dapat bekerja dengan baik untuk menetralisis gas CO dalam ruangan.

 

Kata Kunci : Gas CO, PPM, Arduino Uno, Sensor MQ-7, dan ISD1760


References


Agustinus, Leonard, dkk. Rancang Bangun Prototype Pendeteksi Kadar CO Sebagai Informasi Kualitas Udara Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, Volume 3, No. 2 (2015).

Arduino. Arduino Board Uno. Online http://arduino.cc. Di Akses 21 April 2017.

Arif, Sumantri. 2015. Kesehatan Lingkungan. Jakarta : Kencana.

Didik, Sarudji. 2010. Kesehatan Lingkungan. Bandung : Karya Putra Darwati.

DR.P.V. Chadha. 1995. Karbon Monoksida, Ilmu Forensik dan Toksikologi. Edisi ke-5. Jakarta : Widya Medika.

Fardiaz, Srikandi. 1992. Polusi Air dan Udara. Yogyakarta : Kanisius.

Goldstein, Mark. Carbon Monoxide Poisoning. Journal of Emergency Nursing (2008).

Khalidin. 2015. Pemberi Pakan Ayam Secara Otomatis Menggunakan PLC. Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Nurullita, Ulfa dan Mifbakhuddin. 2015. Adsorbsi Das Karbon Monoksida (CO) Dalam Ruangan Dengan Karbon Aktif Tempurung Kelapa Dan Kulit Durian. Universitas Muhammadiyah, Semarang.

P. Wulan Apriliyanti. 2012. Rancang Bangun dan Analisis Sistem Pemantau Polusi Udara Pada Area Parkir Tertutup Menggunakan FPGA Xilink Spartan 3E Dan Sensor Gas Co MQ-7. Universitas Indonesia, Depok.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.