PERANCANGAN ALAT PEMBAYARAN OTOMATIS PADA COFFEE SHOP MENGGUNAKAN DEBET RFID BERBASIS ARDUINO

Zikri Maulidin, Muhaimin Muhaimin, Aidi Finawan

Abstract


Abstrak- Pelayanan coffee shop tidak selalu seperti yang diharapkan oleh pelanggan. Manajemen yang kurang baik dan tidak bisa mempertahankan kualitas pelayanan, seiring berjalannya waktu akan mengakibatkan coffee shop kehilangan pelanggan. Salah satu hal yang menjadi sorotan adalah saat pembayaran akan di lakukan, terjadinya pemborosan waktu sehingga menurunkan efisiensi kerja dan  pelayanan coffee shop itu sendiri. Radio Frequency Identification (RFID) dipilih sebagai alat rangkaian mikrokontroler untuk membantu pembayaran dan mempercepat proses check-out dengan dukungan bluetooth HC-05. Aplikasi pembayaran dibuat menggunakan software Visual Basic yang di pasang pada perangkat tab dan pembayaran akan dibantu dengan RFID Tag juga sekaligus sebagai alat penyimpan debit. Pengujian dilakukan pada smartphone tipe Oppo A51w, Samsung A300H dan Samsung G318HZ. Hasil dari pengujian tersebut tampilan terbaik pada smartphone Oppo A51w dan Samsung A300H dikarenakan kedua smartphone tersebut menggunakan android versi 5.0 (lolipop). Setelah pelanggan melakukan pemesanan maka total harga pesanan akan muncul di komputer kasir, dan slip pembayaran akan keluar setalah kasir menekan tombol print.

 

Kata Kunci: Coffee Shop, Mikrokontroler Arduino Uno, Radio Frequency Identification (RFID),


References


Doni Saputra, Dedi Cahyadi, Awang Harsa Kridalaksana. Sistem Otomasi Perpustakaan Dengan Menggunakan Radio Frequency Identification (RFID). Jurnal Informatika Mulawarman. Vol. 5, no. 3 (September 2010).

Halomoan, J. 2010. “Aplikasi RFID Pada Pasar Swalayan”. Fakultas Teknik Elektro dan Komunikasi, Institut Teknologi Telkom, Bandung.

Hamid. 2010. “Pengembangan Sistem Parkir Terkomputerisasi Dengan Otomatisasi Pembiayaan Dan Penggunaan Rfid Sebagai Pengenal Unik Pengguna”. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Hardjono, Dhewiberta. (2007). Pengembangan Aplikasi Database dengan Microsoft Office Access 2007. Yogyakarta : Andi.

Pradipta, Gede Angga. dkk. 2014. “Perancangan Kasir Cerdas Berbasis Teknologi Passive RFID Pada Pusat Perbelanjaan Grosir”. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Prakananda, Muhammad Ilyas. 2012. “Rancangan Penerapan Teknologi Rfid Untuk Mendukung Proses Identifikasi Dokumen Dan Kendaraan Di Samsat”. STMIK AMIKOM, Yogyakarta.

Prayogi, Dkk 2009. “ Pemanfaatan Rfid Sebagai Identitas Mobil Pada Prototype Sistem Prabayar Pintu Tol”. Politeknik Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.