RANCANG BANGUN ALAT PENGEPAKAN TELUR SECARA OTOMATIS

Armia Armia, Jamaluddin Jamaluddin, Muhaimin Muhaimin

Abstract


AbstrakSistem pengepakan atau pengemasan merupakan salah satu cara untuk melindungi atau mengawetkan produk pangan maupun non-pangan. Selama ini proses pengepakan telur masih dilakukan secara manual dengan tenaga manusia yang memiliki kelemahan seperti masalah kesehatan, faktor emosional dan kesejahteraan. Pembuatan mesin pengepakan telur otomatis meliputi perancangan mekanik, perancangan hardware dan perancangan perangkat lunak. Sistem ini meralisasikan mikrokontroller ATmega8535  untuk mengendalikan system otomasi. Sistem terdiri dari 2 bagian konveyor yaitu konveyor yang berada di atas sebagai pembawa telur dan konveyor di bawah sebagai pembawa kemasan. Proses pengisian telur dilakukan dengan cara otomatis sebanyak 2 kali pengisian, sekali pengisian sebanyak 3 butir .

 

Kata kunci : Pengepakan , Mikrokontroller, Konveyor


References


Afrizal fikri, Ratna susana 2014. “Monitoring Model sistem Pengepakan dan Penyortiran Barang berbasis SCADA”. Jurnal Teknik Elektro. Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.

Heryanto, Ary dan Adi Wisnu. Pemrograman Bahasa C untuk Mikrokontroller ATMega8535. Penerbit Andi. Yogyakarta

Priyono Agus. 2015. “Sistem Pengepakan Barang Berbasis Mikrokontroler”. Program Studi Teknik Elektro. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta

Heryanto, Ary dan Adi Wisnu. Pemrograman Bahasa C untuk Mikrokontroller ATMega8535. Penerbit Andi. Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.