RANCANG BANGUN SISTEM PENGAMAN PINTU RUMAH MENGGUNAKAN KODE PASSWORD DAN SMARTPHONE BERBASIS MIKROKONTROLLER

Muhammad Nazir, Jamaluddin Jamaluddin, Muhaimin Muhaimin

Abstract


Abstrak—Sistem pengamanan merupakan hal yang sangat penting dan diinginkan oleh setiap orang, salah satu diantaranya adalah sistem pengaman pintu rumah. Banyak fenomenal yang sering terjadi di masyarakat terkait terjadinya kemalingan pada rumah. Oleh karena itu perlu suatu sistem yang dirancang khusus untuk dapat menjaga keamanan pinturumah demi terhindarnya kemalingan. Penelitian ini akan membahas tentang pengaman pintu rumah menggunakan kode password dan smartphone yang dikontrol menggunakan Mikrokontroller. Proses pengendalian pintu dilakukan dengan cara memasukan kode password menggunakan keypad. Dalam pengoperasian modul, jika user membuka pintu tanpa memasukkan password atau password yang dimasukkan salah, maka system akan menganggap bahwa user yang ingin masuk tersebut bukan pemilik rumah. Bunyi alarm akan menjadi sinyal bahwasanya ada subject yang masuk kerumah melalui pintu tanpa melakukan prosedur yang sesuai dengan settingan pemilik rumah. Sistem juga akan mengirimkan pesan singkat kepada pemilik rumah mengenai kondisi terkini rumah melalui smartphone.

 

Kata Kunci : Mikrokontroller, Sensor Limit Switch,Alarm, Smartphone


References


Agustinus, Leonard, dkk. Rancang Bangun Prototype Pendeteksi Kadar CO Sebagai Informasi Kualitas Udara Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, Volume 3, No. 2 (2015).

Arduino. Arduino Board Uno. Online http://arduino.cc. Di Akses 21 April 2017.

Arif, Sumantri. 2015. Kesehatan Lingkungan. Jakarta : Kencana.

Didik, Sarudji. 2010. Kesehatan Lingkungan. Bandung : Karya Putra Darwati.

DR.P.V. Chadha. 1995. Karbon Monoksida, Ilmu Forensik dan Toksikologi. Edisi ke-5. Jakarta : Widya Medika.

Fardiaz, Srikandi. 1992. Polusi Air dan Udara. Yogyakarta : Kanisius.

Goldstein, Mark. Carbon Monoxide Poisoning. Journal of Emergency Nursing (2008).

Khalidin. 2015. Pemberi Pakan Ayam Secara Otomatis Menggunakan PLC. Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Nurullita, Ulfa dan Mifbakhuddin. 2015. Adsorbsi Das Karbon Monoksida (CO) Dalam Ruangan Dengan Karbon Aktif Tempurung Kelapa Dan Kulit Durian. Universitas Muhammadiyah, Semarang.

P. Wulan Apriliyanti. 2012. Rancang Bangun dan Analisis Sistem Pemantau Polusi Udara Pada Area Parkir Tertutup Menggunakan FPGA Xilink Spartan 3E Dan Sensor Gas Co MQ-7. Universitas Indonesia, Depok.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.