RANCANG BANGUN SISTEM TELEMETRI UNTUK MONITORING SAMPAH PADA BAK PENAMPUNG

Ella Angrat Karina, Azhar Azhar, Muhammad Kamal

Abstract


AbstrakSampah merupakan hasil buangan/output dari segala aktivitas manusia. Permasalahannya bukan hanya tentang timbunan sampah dan cara mengolahnya, tetapi juga tentang perilaku membuang sampah itu sendiri. Rancang bangun sistem telemetri untuk monitoring sampah pada bak penampung dilatarbelakangi oleh masalah persampahan di Kota Lhokseumawe menyangkut dengan metode pengumpulan sampah masih belum terlayani dengan maksimal. Sedangkan produksi sampah di Kota Lhokseumawe semakin meningkat. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah membangun suatu sistem telemetri untuk monitoring sampah pada bak penampung dan juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak sembarangan membuang sampah. Monitoring bak penampungan tersebut adalah dengan cara mengirimkan SMS kepada penanggung jawab bak penampungan, SMS baru akan terkirim apabila level sampah telah terdeteksi penuh oleh sensor ultrasonic. Dari hasil pengujian data pada sensor ultrasonic pada saat mendeteksi objek dengan jarak sebenarnya yang diukur menggunakan mistar dan jarak terukur pada serial monitor diperoleh persen kesalahan dari 0% sampai 0,25%, sensor dapat bekerja dengan baik pada rentang jarak 5-400cm sedangkan pada jarak 4 cm diperoleh kesalahan sebesar 0,25%. Hasil yang diharapkan dari rancang bangun sistem telemetri untuk monitoring sampah pada bak penampung adalah agar mampu mengefesiensikan dan memaksimalkan kinerja petugas kebersihan dalam hal pengangkutan sampah tanpa perlu melakukan pengecekan secara berulang-ulang, karena informasi bak sampah penuh akan langsung dikirimkan melalui Short Message Service (SMS) kepada penanggung jawab bak penampungan.

 

Kata kunci : Sensor Ultrasonik, Modul GSM, Modul suara ISD1820


References


Setiawan, dkk. 2014. “Rancang Bangun Alat Pembuka dan Penutup Tong Sampah Otomatis Berbasis Mikrokontroller”, Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, Volume 1, Nomor 1, hlm 55-62.

Pramanta, Febyan, D. 2016. “Smile Trash (Smart Learning Trash) Tempat Sampah Pembentuk Karakter Anak Bangsa”, Karya Tulis Ilmiah Universitas Negeri Malang.

Anggawijoyono, G. Dan Fajaruddin, J. 2014. “Tempat Sampah Pintar (Smart Trash Bin)”, Karya Tulis Ilmiah Universitas Negeri Malang.

Ubaidillah, D. 2015. “Perancangan Sistem Smart Trash Can Menggunakan Arduino Dengan Sensor Ultrasonik HC-SR04”, Naskah Publikasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Amikom Yogyakarta.

“Sensor ultrasonic” http:// www.elangsakti.com /2015/05 sensor-ultrasonik.html (Diakses 10 Juli 2017)

“Mikrokontroller arduino mega” http://ecadio.com/ belajar-dan-mengenal-arduino-mega (Diakses 10 Juli 2017)

“Modul GSM” https://www.google.co.id /search ?q = modul+gsm (Diakses 10 Juli 2017)

“Modul SD Card” https://splashtronic.wordpress.com /2013/10/29/modul-sd-card/ (Diakses 10 Juli 2017)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.