RANCANG BANGUN SISTEM PENGEPAKAN TEPUNG SECARA OTOMATIS MENGGUNAKAN PROGAMMABLE LOGIC CONTROLLER

Abdi Yoanda, Azhar Azhar, Muhammad Kamal

Abstract


Abstrak Untuk memudahkan pemasaran diperlukan penataan dari proses pengepakan/pengemasan. Salah satu kegiatan produksi dalam hal pengisian dan pengemasan  tepung masih menggunakan tenaga kerja manusia, dan dibutuhkan jumlah pekerja 2 orang untuk menghasilkan 100 karung tepung dengan waktu 3 jam dalam kemasan 20 kg. Dengan metode secara manual yang dilakukan oleh para pekerja dapat membuktikan bahwa dibutuhkan waktu yang lama dalam melakukan proses pengisian tepung dan pengepakan. Setelah mengamati permasalahan yang dialami oleh para pekerja, maka dari itu penulis berinisiatif menciptakan suatu alat yang dapat melakukan proses pengisian dan pengepakan tepung secara otomatis dengan memanfaatkan  PLC (Progammable Logic Controller) sebagai pengontrol, sensor proximity optic sebagai pendeteksi kemasan ditempat pengisian, sensor load cell sebagai pendeteksi berat tepung yang akan ditimbang dan hasil penimbangan ditampilkan pada LCD. Kemasan yang telah terisi tepung sebesar 2kg akan dibawa oleh konveyor untuk proses pengepakan dengan menggunakan mesin penjahit. Dari hasil pengujian  didapat bahwa proses pengisian tepung dengan berat 2 kg yang ditampilkan pada LCD dan juga proses pengepakannya dibutuhkan waktu selama 20 detik.

 

Kata Kunci: Sensor Loadcell, PLC ( Progammable Logic Controller ), Proximity Optic


References


Ardiansyah,H , Trayana,N , dan Nataliana,D, (2013). “Perancangan Simulator Sistem Pengepakan dan PenyortiranBarangberbasisPLC Twido WDLMDA20DTK.” Jurnal Reka Elkomika Vol : 1 No:4

Hal : 373 – 380. Bandung, Institut Teknologi Nasional Bandung.

Saputra, H. Yusfi, M. (2013). “Rancang Bangun Alat Ukur Regangan Menggunakan Sensor Strain Gauge Berbasis Mikrokontroler Atmega8535 Dengan Tampilan LCD.” Jurnal Fisika Unand Vol : 2 No: 3 Hal : 166 – 168. FMIPA, UniversitasAndalas.

Son, L. Rinaldi, S. (2013). “Perancangan Dan Pembuatan Sistem Pengantongan Material Otomatis Berbasis PlC OMRON CPM1A.” Jurnal Fisika Unand Vol: 20 No : 1 Hal : 60 – 63. Fakultas Teknik, UniversitasAndalas.

Bolton, W. (2004). Programmable Logic Controller (PLC) Sebuah Pengantar, Jakarta : Erlangga.

Setiawan, Iwan (2006). Programmable Logic Controller dan Teknik Perancangan Sistem Kontrol, Yogyakarta: ANDI


Refbacks

  • There are currently no refbacks.