OTOMASI SISTEM PENCUCIAN DAN PENGISIAN GALON AIR PADA DEPOT ISI ULANG BERBASIS ARDUINO

Riski Mauliza, Aidi Finawan, Jamaluddin Jamaluddin

Abstract


Abstrak Alat pencuci dan pengisi galon air merupakan alat yang harus diterapkan pada depot-depot isi ulang, dikarenakan saat pengisian galon air banyak diantaranya kelebihan saat mengisi air akibat kelalaian saat pengisian dan pada tabung tempat sumber air para petugas harus mengecek isi dari tabung secara manual. Untuk itu diperlukan alat otomasi sistem pencucian dan pengisian galon air secara otomatis, pada alat ini galon dikontrol saat akan pencucian bahkan pengisian. Alat ini dirancang dengan menggunakan Driver Motor Dan memanfaatkan Mikrokontroller Arduino Mega sebagai pengendali utama dimana sensor proximity optic 1 berfungsi untuk menghentikan galon pada posisi pencucian galon maka motor penjepit 1 akan menjepit galon, setelah motor penjepit menjepit galon maka aktuator akan turun untuk menurunkan motor pencuci, saat motor pencuci mencuci dan motor pompa 1 mengisi air selama 2.15 menit maka motor pencuci off dan aktuator akan naik kembali setelah itu maka motor pengguling akan menggulingkan galon untuk membuang airnya selama 5 detik lalu akan kembali keposisi semula untuk motor penjepit 1 membuka jepitan galon, setelah itu konveyor akan jalan kembali dan sensor proximity optic 2 berfungsi sebagai pembatas galon pada pengisian galon air dan menyalakan motor penjepit 2 untuk menjepit galon, setelah galon dijepit motor pompa 2 aktif selama 4.13 menit untuk memenuhkan galon dan saat sampai 4.13 menit maka motor pompa 2 off serta motor penjepit2 juga membuka jepitan pada galon. Sedangkan pada tabung penampung yang dikontrol dengan sensor water level bila batas atas maka LED hijau menyala, bila batas tengah LED kuning menyala dan bila batas bawah maka LED merah dan buzzer akan berbunyi menandakan air sudah batas bawah.

 

Kata kunci : Sensor Water Level, Sensor Proximity Optik, Mikrokontroller Arduino Mega, LED, Buzzer

 


References


. Suryono., dkk, (2015). “ Alat Pengisi Air Otomatis Tiga Galon Berbasis Arduino ”, Jurnal Orbith Vol. 11 No. 3 November 2015 : 167 – 172

Dewantoro, Andri. (2015). “ Prototipe Alat Pengisi Galon Otomatis Pada Depot Air Minum Isi Ulang Berbasis Atmega8 ”, (Tugas Akhir Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta).

. Rantika. (2013). “ Rancang Bangun Sistem Pengendalian Aliran Air Minum Pada Depot Isi Ulang Berbasis Mikrokontroller Atmega 16 “, (Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe). Karya tidak diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.