TELEMETRI SUHU MULTI NODE BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN MODUL WEMOS D1R2

Muhammad Fauzan, Muhaimin Muhaimin, Aidi Finawan

Abstract


Abstrak Temperatur udara yang ada disekitar kita berubah-ubah sesuai dengan beroperasinya pabrik-pabrik yang ada. Kondisi suhu udara yang tidak stabil ataupun berubah-ubah menjadikan kurang nyamannya berada dimana-mana. Kenyamanan berada di lingkungan memang sangat diinginkan oleh orang-orang yang hidup pada zaman sekarang. Intenet of things menciptakan peluang untuk interaksi yang lebih langsung dari dunia fisik ke dalam sistem berbasis komputer, dan menghasilkan peningkatan efisiensi,akurasi dan manfaat tanpa campur tangan manusia. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mendesain dan mengimplementasikan sistem telemetri untuk pengukuran dan monitoring suhu lingkungan secara jarak jauh dan dari beberapa tempat yang berbeda,agar mendapatkan suhu yang akurat. Sensor suhu LM35 dipilih sebagai sensor dalam rangkaian wemos D1R2 untuk membaca suhu di lingkungan ditempat yang berbeda-beda.Aplikasi monitoring dibuat menggunakan software Visual Basic, aplikasi web Thing Speak dan aplikasi B4A (basic For Android). Hasil pengujian sistem telemetri monitoring suhu lingkungan adalah mendapat data suhu  lingkungan di tempat yang berbeda-beda secara akurat. Dari hasil pengujian selama 30 menit dengan waktu sampling setiap 1 menit pada node 1, bahwa suhu tertinggi berada pada 34,16°C pada pukul 15:51:56 dan rata-rata suhu 32,87°C.

 

Kata Kunci :  Telemetri, Wemos D1R2, Sensor Suhu, Web     ThingSpeak, B4A (Basic For Android),


References


. Totok Budioko.2016.“Sistem Telemetri Suhu Jarak Jauh Berbasis Internet Of Things Menggunakan Protokol MQTT”.Jurnal. Yokyakarta : STMIK AKAKOM.

Arie Marvin, Eka Puji Widiyanto.2015.”Sistem Keamanan Rumah Berbasis Internet Of Things”. Tugas Akhir. Palembang : STMIK GI MDP.

. Eka Rudiawan.2016.”Cara Memprogram Wemos D1R2 ESP 8266 Dengan Arduino”.Jurnal. Bandung : Institute Teknologi Bandung.

. Nur Asyik Hidayatullah, Dirvi Eko Juliando Sudirman.2017.“Desain Dan Aplikasi Internet Of Things Untuk Smart GRID Power system”.Jurnal. Madiun : Politeknik Negeri Madiun Vol 2, No 1.

. Cyrilla Indri Parwati, Hadi Prasetyo Suseno, Erfanti Fatkhiyal.2015.”Pemodelan Sistem Telemetri Multi Node Peringatan Dini Kebocoran GAS Amonia Berbasis SMS Getway”.Jurnal. Yokyakarta : IST AKPRIND.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.