PROTOTYPE SISTEM BUKA TUTUP JEMBATAN UNTUK PERLINTASAN KAPAL SECARA OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIK BERBASIS ARDUINO MEGA

Nadia Tunnisa, Jamaluddin Jamaluddin, Aidi Finawan

Abstract


Abstrak- Jembatan adalah salah satu sarana untuk menyebrangi sungai yang memisahkan satu tempat dengan tempat yang lain, kapal yang melintasi sungai hanya sebatas kapal yang tingginya tidak melebihi jembatan tersebut. Jembatan perlintasan kapal yang ada di Indonesia umumnya masih digerakkan secara manual. Permasalahan yang timbul adalah kelalaian operator dalam mengendalikan buka tutup jembatan dan portal ssecara manual tersebut karena harus dijaga terus- menerus. Untuk menghindari hal tersebut dibuatlah Prototype Sistem Buka Tutup Jembatan Secara Otomatis Menggunakan Ultrasonik Berbasis Arduino Mega 2560. Prototype ini dibuat untuk mengendalikan jembatan secara otomatis. Jika ada kapal yang melewati sungai dan terdeteksi oleh sensor ultrasonik maka prototype ini akan bekerja sesuai program yang ditanam pada Arduino Mega 2560. Pembacaan jarak sensor ultrasonik dapat berfungsi dengan baik pada keakurasian 99.26 %. Sistem jembatan yang dirancang ini akan terus bekerja secara otomatis jika ada kapal besar yang terdeteksi oleh sensor ultrasonik maka jembatan akan terbuka, kemudian dikedua sisi jalan dilengkapi dengan portal palang dan led matriks sebagai tempat munculnya informasi berupa peringatan bagi para pengguna jalan raya yang ditampilkan dalam bentuk running text.  

 

Kata kunci : Sensor Ultrasonik,  Running Text, Arduino Mega 2560, Jembatan


References


Supriyadi, Bambang dkk, (2013), Jembatan, Penerbit Beta Offset, Yogyakarta.

Kurniawan, Ari, (2014). “Simulasi Jembatan Otomatis Berbasis Mikrokontroler. CSRID Jurnal, Vol.6 No.2 Juni 2014,Hal. 65-74. Universitas Potensi Utama.

Nugraha, AD (2013).”Prototipe Jembatan Penyebrangan Otomatis”,Teknik Elektro, Universitas Gadjah Mada,Yogyakarta.

Benny J. Pradita. (2011). “Perancangan display LED dot matrix menggunakan mikrokontroler Atmega32”. Pontianak : Universitas Tanjungpura.

. Suwoyo,(2013).“Rancang Bangun Sistem Otomatisasi Pengawasan Jembatan Timbang dengan Mikrokontroller AT89S51”. Program

Rafiansyah A, Andi (2009). “Rancang Bangun Simulator Pembuka Dan Penutup Jembatan Penyeberangan Secara Otomatis Berbasis PLC”.

Ramanda, Buki (2010), “Miniatur Jembatan Angkat Otomatis Berbasis PLC”.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.