RANCANG BANGUN ROBOT PEMADAM API MENGGUNAKAN TEKNIK WALL FOLLOWING

Chairul Umam, Muhammad Kamal, Aidi Finawan

Abstract


Abstract Musibah kebakaran yang sering terjadi telah menimbulkan banyak korban jiwa dan kerugian harta benda. Terdapat Resiko yang ditanggung oleh tim pemadam kebakaran sangat tinggi, untuk itulah diciptakan robot pemadam api untuk membantu manusia dalam pekerjaan ini. Robot pemadam api dirancang menggunakan empat roda dan terdiri dari beberapa sensor, seperti Flame Detector untuk mendeteksi adanya api, sensor ultrasonik sebagai navigasi dan deteksi jarak dan Motor pompa DC untuk memadamkan api. Sistem kontrol otomatis pada Robot yang bisa bernavigasi dalam menyelusuri ruangan untuk mencapai keberadaan titik api. Hal yang ingin diperoleh dari perancangan robot pemadam api otomatis adalah mendapatkan mobilitas yang baik dari robot pemadam api dalam hal menyelusuri ruangan dan dalam usaha menemukan titik api dan memadamkannya. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa sensitivitas flame detector sangat berpengaruh pada kinerja pergerakan robot pemadam api. Batas ideal robot pemadam api di bawah 80 cm. Robot dapat berkomunikasi lewat Bluetooth berupa sinyal Detector, batas ideal dari komunikasi Bluetooth pada alat pendeteksi dengan Bluetooth robot berjarak 20 m.

 

Kata Kunci— Robot Pemadam Api, Flame Detector, Sensor Ultrasonik, Driver Motor , Wall Following.


References


Budiharto, Widodo. 2010. a. Robot Tank dan Navigasi Cerdas, b. Robotika teori dan implemtasi. Jakarta : PT Elex Media Kompatindo.

Fahmizal. 2012. Robot Wall Follower Dengan Kendali PID. Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya.

Firmansyah, Sigit. 2010. Elektronika Digital dan Mikroprosesor. Yogyakarta : ANDI.

Hughes, Austin. 2006. Electric Motor and Drives, Senior Fellow, School of Electronic and Electrical Engineering, University of Leeds.

Jatmiko, W. 2009. Metode Lokalisasi Robot Otonom Dengan Menggunakan Adopsi Algoritma Heuristic Searching dan Pruning Untuk Pembangunan Peta Pada Kasus Search and safe. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Depok.

Malik, Ibnu. 2005. Pengantar Membuat Robot. Yogyakarta : Gava Media.

Simanjuntak, T. Raymond. 2008. Perancangan Robot Pemadam Api Berbasis Mikrokontroler AT89C51. Tugas Akhir. Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara. Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.