RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING CUACA DENGAN TAMPILAN THINGSPEAK

Faza Ulya, Muhammad Kamal, Azhar Azhar

Abstract


Abstrak Kebutuhan parameter cuaca seperti suhu, kelembaban tekanan udara dan curah hujan selama ini hanya dapat diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.Cuaca merupakan suatu informasi sangat diperlukan oleh berbagai kalangan khususnya bandara, pelabuhan dan lingkungan lainnya. Perubahan cuaca terjadi secara terus menerus setiap waktu dan cuaca pada suatu daerah dengan daerah lainnya memiliki parameter cuaca yang berbeda-beda. Dalam Tugas akhir ini informasi cuaca yang aktual dapat diperoleh melalui pengembangan teknologi pemantauan cuaca berbasis ilmu teknologi yang dapat diakses tanpa harus berada langsung pada daerah yang diinginkan menggunakaan teknologi Internet Of Things (IoT) berbasis Thingspeak web Server. Tujuan dari perancangan ini untuk memudahkan dalam mendapatkan informasi cuaca melalui jaringan internet dan dapat langsung menganalisis perubahan curah hujan, suhu, kelembaban dan tekanan udara pada daerah tertentu. Dari hasil pengujian modul monitoring cuaca dapat dianalisa bahwa selama 24 jam keakuratan pembacaan tekanan udara lebih baik dibandingkan pembacaan suhu, tingkat eror suhu bisa mencapai 20% pada pukul 6 sore dan eror tekanan udara tertinggi hanya 0,10%.

 

Kata Kunci— Monitoring, Thingspeak, Cuaca, suhu,Arduino, Microcontroller


References


Saefullah. A, Sunarya. A dan Fakhrizal. D. 2015. “Prototype Weather Station Berbasis Arduino Yun”. Jurnal CCIT, Volume 8, No.2, Page 57.

Harisuryo, Rafdito, Sumardi dan Setioyono, Budi. 2015. “Sistem Pengukuran Data Suhu, Kelembaban, dan Tekanan Udara Dengan Telemetri Berbasis Frekuensi Radio”. Jurnal Ilmiah Transient, Volume 4, No.3.

Safa.H, Priyanka.N, Sakhti, Priya.S, Vikkashini Gokul, Vishnupriya.S dan Boobalan.T. 2016. “IoT Based Theft Premption anda Security System”. Jurnal IJIRSET, Volume 5, Issue 3. Page 4312.

Pasha. S. 2016.”Thingspeak Based Sensing and Monitoring System for IoT with Matlab Analysis”. Jurnal IJNTR, Volume 2, Issue 6, Page 23..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.