RANCANG BANGUN PENGATURAN KECEPATAN MOTOR LISTRIK INDUKSI SATU PHASA DENGAN PULSE WIDTH MODULATION

Shela Anisa, Azhar Azhar, Muhaimin Muhaimin

Abstract


Abstrak - Motor induksi satu fasa digunakan secara luas pada berbagai aplikasi komersil dan  rumah tangga. Kelemahan motor induksi adalah perbedaan kecepatan putar stator dan rotor sulit di kontrol kecepatannya. Suatu metode pengendalian adalah salah satu alternatif untuk meningkatkan efesiensi kerja dari motor induksi. Dengan adanya metode pengendalian, kecepatan putar motor dengan mudah dapat dikendalikan. Metode pengendalian dengan pemodelan PWM (Pulse Width Modulation) yang terhubung dengan mikrokontroler ATMega32 dan komponen-komponen elektronika dapat memicu kecepatan putar motor induksi satu phasa. Sehingga kecepatan motor induksi satu phasa berubah-ubah sesuai dengan pengaturan PWM yang diberikan sebagai pemicu arus dan tegangan terhadap kinerja motor. Dimana dengan perubahan arus dan tegangan mengakibatkan perubahan daya. Perubahan daya berbanding lurus dengan kecepatan motor. Pada sistem pengendalian kecepatan motor satu phasa ini, sebagai pengontrol kecepatan suatu media bagi operator untuk mengendalikan kecepatan motor. Dari hasil pengujian pada pengaturan kecepatan motor listrik induksi satu phasa dengan pulse width modulation, kecepatan putaran motor maksimal dengan set PWM sebesar 254 menghasilkan putaran motor 1473 RPM.

 

Kata Kunci : Motor Induksi Satu Phasa, PWM, Mikrokontroler,  ATMega32


References


Budiharo, Widodo.2005 .Perancangan Sistem dan Aplikasi Mikrokontroler.Elex MediaKomputindo.Jakarta.

Ali Muhammad, N Ariadie Chandra, dan Andik Asmara. “ Proteus Profesional untuk Simulasi Rangkaian Digital dan Mikrokontroler “. Modul Belajar, Vol 40, Hal 1-5, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudjadi “ Teori dan Aplikasi Mikrokontroler Aplikasi Pada Mikrokontroler “. Penerbit Graha Ilmu, Hal 62-65. Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Bishop, Owen. 2002. “ Dasar-dasar Elektronika “. Erlangga.

Rahmat Hidayat, Didik Nutosujono, dan Dede Suhendi. 2010. “Pengaturan Kecepatan Motor Induksi 1 Phasa Berbasis Mikrokontroler AtmegaA8535”. Jurnal. Teknik Elektro Universitas Pakuan Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.