PELAPIS POLIURETAN BERBASIS MINYAK JARAK SERTA BENTONIT-KITOSAN SEBAGAI ZAT KETAHANAN PANAS DAN ANTIBAKTERIAL

Mashura Mashura, Teuku Rihayat, Tengku Venna MaurizaRamadhanti, Shafira Riskina

Abstrak


Dalam dunia kesehatan alat-alat medis yang digunakan rentan terhadap penularan bakteri dan dibutuhkan sterilisasi khusus, salah satu caranya adalah menciptakan cat pelapis poliuretan anti bakteri yang dapat diaplikasikan pada alat-alat medis. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan variasi persen berat bentonit-kitosan terhadap sifat anti bakteri dan sifat kestabilan termal produk poliuretan serta untuk memperoleh karakteristik permukaan pelat menggunakan SEM dan karakteristik gugus fungsi menggunakan FTIR pada poliuretan murni dan poliuretan/ bentonit/kitosan. Metode yang digunakan adalah dengan variasi perbandingan poliuretan/bentonit/kitosan sebesar 2; 3 dan 4 (% b/v), gugus fungsi, permukaan pelat, kestabilan termal dan uji anti bakteri. Hasil yang didapatkan yaitu luas zona hambat terbesar pada poliuretan/bentonit/kitosan 4%:4% dengan luas untuk bakteri Staphylococcus Aureus sebesar 7,66 mm sedangkan untuk bakteri Escherichia Coli memiliki luas zona hambat sebesar 5,8 mm. Ketahanan termal terbaik pada poliuretan/bentonit/kitosan 4%:4%  yaitu pada suhu 600,94 ℃ dengan sisa berat 7,5 mg. Dari hasil analisa karakteristik permukaan pelat menggunakan SEM didapatkan poliuretan murni lebih kasar dan berlubang sedangkan pada permukaan poliuretan/bentonit/kitosan terdapat gumpalan. Dari hasil analisa karakteristik gugus fungsi menggunakan FTIR, tidak adanya perubahan ikatan kimia yang terjadi antara poliuretan murni dan poliuretan/bentonit/kitosan sehingga serapan panjang gelombang gugus fungsi yang terdeteksi tetap sama

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Janik, H., Marzec, M. (2015). A review: Fabrication of porous polyurethane scaffolds. Materials Science and Engineering C, 48, 586-591.

Lilgas, G., Ronda, J. C., Galia, M., Ca’diz, V. (2013). Renewable polymeric materials from vegetable oils: a perspective. Materials Today, 16.

Adak, B., Butola, B. S., Joshi, M. (2018). Effect of organoclay-type and clay-polyurethane interaction chemistry for tuning the morphology, gas barrier and mechanical properties of clay/ polyurethane nanocomposites. Applied Clay Science, 161, 343-353.

G. Dasa, RD Kalita, H. Dekaa, AK Buragohainb, N. Karaka, Prog. Org. Mantel. 76 (2013) 1103-1111.

S. Opera, J. Am. Minyak Chem. Soc. 87 (2010) 313-320.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jstr.v17i2.1320

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Sains dan Teknologi Reaksi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2016 All rights reserved |Jurnal Sains dan Teknologi Reaksi p-ISSN: 1693-248X , e-ISSN: 2549-1202.