EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN PERMUKAAN JALAN BERDASARKAN METODE BINA MARGA (Studi Kasus STA 250+000 – 253+000)

Raihan Haris

Abstrak


Jalan Banda Aceh-Medan di desa Bungkah Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara STA 250+000 sampai dengan STA 253+000 merupakan salah satu jalan arteri atau jalan nasional yang sering dilalui oleh kendaraan berat. Ruas panjang yang ditinjau 3 kilometer dimana kendaraan berat sering melewati ruas jalan tersebut dan mengakibatkan kerusakan pada permukaan jalan. Metode yang digunakan dalam melakukan penilaian kondisi jalan adalah metode Bina Marga. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai kondisi jalan yang mengalami kerusakan, metode yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan data primer berupa hasil survei kerusakan jalan. Dengan metode Bina Marga didapat volume kendaraan sebesar 5347,8 smp/hari jadi nilai kelas jalan diperoleh 6 yang didapatkan dari data, dan  total penentuan angka kerusakan sebesar 17 maka nilai kondisi jalan diperoleh6 maka diperoleh nilai prioritas jalan sebesar dengan menggunakan persamaan sebesar 5, dengan kondisi ruas jalan tersebut masih dalam kondisi normal namun memerlukan pemeliharaan dan perbaikan. Jadi didapatkan dengan harga perbaikannya sebesar Rp. 379.400.000,00.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Direktorat Jendral Bina Marga. Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan Kota. No. 018/T/BNKT/1990.

Direktorat Jendral Bina Marga. Tata cara Pelaksanaan Survei Inventarisasi Jalan dan Jembatan Kota. No. 017/T/BNKT/1990.

Direktorat Jendral Bina Marga, 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Sweroad dan PT. Bina Karya, Jakarta

Hary Christady Hardiyatmo. 2009. Pemeliharaan Jalan Raya. Gadjah Mada university Press.

Hendrick Simangunsong dan P. Eliza Purnamasari. Evaluasi Kerusakan Jalan Studi Kasus, Tugas Akhir Universitas Atma Jaya, 2014, Yogyakarta.

Ichsan, 2014, Studi Evaluasi Tingkat Kerusakan Permukaan Jalan Untuk Menentukan Jenis Penanganan Dengan Sistem Penilaian Menurut Bina Marga, Jalan Bireuen – Takengon, Tesis, Universitas Syiah Kuala.

Manurung, 2010, Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan sebagai dasar Penentuan Perbaikan Jalan, Tugas Akhir Fakultas Teknik USU, 2010, Medan.

Margaret Evelyn Bolla. Perbandingan Metode Bina Marga dan Pavement Condition Index (PCI) Dalam penilaian Kondisi Perkerasan Jalan.

Silvia Sukirman. 1999. Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung.

Yoder, E.J. and Witczak, M.W., 1975, Principles of Pavement Design, 2-Edition, John Willey & Son, Inc. New York.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.