STABILISASI TANAH LEMPUNG CAMPUR KAPUR DAN ABU SEKAM PADIBERDASARKAN UJI CBR LABORATORIUM

Fishal Fishal

Abstrak


Tanah merupakan material yang sangat berpengaruh dalam suatu pekerjaan konstruksi jalan. Tanah memiliki sifat–sifat yang dapat mengganggu suatu kontruksi jalan seperti kembang susut relative besar dan nilai CBR yang rendah. Tujuan utama dilakukannya penelitian stabilisasi ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan campuran kapur dan abu sekam padi terhadap nilai CBR tanah lempung. Pengujian dilakukan dengan cara mencampur tanah asli dengan kapur dan abu sekam padi, kemudian dilakukan pengujian sifat-sifat fisis dan mekanis tanah dengan menggunakan metode SNI. Sampel tanah lempung diambil dari quarry Cot Kayee Adang Desa Meunasah Manyang, Lhokseumawe,dengan klasifikasi Tanah A-7-5, bahan campuran abu sekam padi yang digunakan berasal dari Desa Rangkileh Geudong, kecamatan Meurah Mulia. Komposisi campuran Kapur dan Abu sekam padi 0%, 3+2%, 6+4%, dan 9+6%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi kenaikan daya dukung (CBR) unsoaked dan soaked seiring penambahan persentase. Nilai CBR tanah asli 0% unsoaked 10.7% dan soaked 3.9%, pada pencampuran Kapur dan Abu sekam Padi 3+2% meningkat menjadi 12,5% dan 5.1%,  pada pencampuran persen Kapur dan Abu Sekam Padi 6+4% terjadi peningkatan nilai CBR unsoaked 14,2% dan soaked 5,6%, pada pencampuran 9+6% Kapur dan Abu Sekam Padi unsoaked turun menjadi 11,9% dan soaked 7,9%. Pada pengujian Geser langsung tanah asli 0% Kapur dan Abu sekam Padi unsoakedc = 0.11 kg/cm2, ø = 5.37o.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Das, Braja, M. (1998). Mekanika Tanah (Prinsip-Prinsip Rekayasa Geoteknis) Jilid-1,Erlangga, Jakarta.

Hardiyatmo, Hary Christady. (1992). Mekanika Tanah I. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta (mekanika Tanah), Erlangga, Jakarta.

Hardiyatmo, Hary Christady, (2002), Mekanika Tanah I, Fakultas Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Faisal, (2016). Tugas Akhir “Stabilisasi Tanah lempung Menggunakan Pasir Besi Untuk Meningkatkan Daya Dukung”. Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe, Lhokseumawe

Aryanik, N., and Nugroho, A, (2007), Pengaruh Kapur dan Abu Sekam PAdi Pada Nilai CBR Laboratorium Tanah Tras Dusun Seropan Untuk Stabilitas Subgrade Timbunan. Teknik Sipil Fakultas Teknik UKRIM, Yogyakarta.

Warsiti; (2009), Meningkatkan CBR dan Memperkecil Swelling Tanah Subgrade Dengan Metode Stabilisasi tanah dan Kapur. Jurusan Teknik sipil Politeknik Semarang.

SNI-1744-2012, Metode Uji CBR Laboratorium. Badan Standarisasi Nasional.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.