PERENCANAAN ANGGARAN BIAYA PADA PEMBANGUNAN JALAN DAN JEMBATAN BLANG KUTA KECAMATAN SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN

Suandriski Eka Putra, Bakhtiar A Wahab, Munardy Munardy

Abstrak


Perencanaan biaya adalah merencanakan perhitungan banyaknya biaya yang diperlukan untuk bahan, upah tenaga kerja, peralatan dan biaya-biaya yang saling berkaitan dalam pelaksanaan suatu proyek konstruksi. Jalan yang ditinjau memiliki panjang 1.585 m dengan lebar jalan 5 m yang dimulai pada STA 0+000 sampai dengan STA 1+585. Perhitungan perencanaan anggaran biaya jalan meliputi pekerjaan timbunan pilihan, lapis pondasi bawah (LPB) dan pekerjaan lapis pondasi atas (LPA). Sedangkan perhitungan perencanaan anggaran biaya jembatan meliputi pekerjaan abutment dan pekerjaan bore pile. Jembatan yang ditinjau memiliki panjang 22 m dengan lebar 8,5 m dimana biaya pekerjaan bersumber dari dana OTSUS (Otonomi Khusus) tahun 2016. Tujuan penulisan ini adalah untuk menghitung jumlah anggaran biaya pada Pembangunan Jalan dan Jembatan Blang Kuta, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen. Metode yang digunakan dalam menganalisis data mengaju pada Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) 2013. Hasil perhitungan didapatkan sebesar total anggaran untuk Pembangunan Jalan dan Jembatan Blang Kuta, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen sebesar Rp. 1.721.979.418,89.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonym, 2015. Penetapan Standar Satuan Harga Barang Bahan Bangunan/Jasa Kebutuhan Pemerintah Aceh Tahun 2016. Banda Aceh.

Ibrahim, Bachtiar. 1993. Rencana dan Estimate Real of Cost. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Kementerian Pekerjaan Umum. 2013. Analisa Harga Satuan Pekerjaan Bina Marga.

Kementerian Pekerjaan Umum. 2014. Katalog Alat Berat Konstruksi 2013. Jakarta: Penerbit Pusat Pembinaan Sumber Daya Investasi Badan Pembinaan Konstruksi.

Manu, I.A. 1995. Dasar-dasar Perencanaan Jembatan Beton Bertulang. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.

Manu, I.A. 2002. Pelaksanaan Konstruksi Jalan Raya. Jakarta: Penerbit PT. Mediatama Saptakarya.

Saodang, Hamirhan. 2010. Konstruksi Jalan Raya. Bandung: Penerbit Nova.

Sukirman, Silvia. 1999. Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Bandung: Penerbit Nova


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.