KAJIAN KEMAMPUAN DAYA DUKUNG PONDASI TIANG PANCANG PADA ABUTMENT JEMBATAN BERDASAR BEDAH BUKU BOWLES

Riza Aulia, Supardin Supardin, Gusrizal Gusrizal

Abstrak


Tujuan kajian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang kemampuan daya dukung pondasi dalam pada abutment jembatan. Jembatan Alue Batee adalah jembatan kelas C dengan lebar lantai kendaraan 4,5 meter dengan panjang total jembatan 25,8 meter. Tiang pancang yang digunakan adalah beton bertulang dengan berdiameter 50 cm dan panjang 17,2 m. Data yang diperoleh dalam kajian ini adalah berupa data sekunder dan studi perpustakaan. Berdasarkan data–data yang telah didapat maka dilakukan analisa pembebanan dan analisa kapasitas daya dukung pondasi tiang pancang. Dari analisa pembebanan di dapat kombinasi beban yang terbesar adalah 1275,35 ton dan dari analisa daya dukung   diperoleh hasil bahwa daya dukung pondasi tiang pancang berdasarkan Bowles sebesar 271,14 ton(10 tiang), dibandingkan dengan metode Bagemen dan metode Trofimankove sebesar 268 ton dan 262,34 ton . Terjadi selisih daya dukung oleh Bowles, Bagemen dan Trofimankove sebesar 271,14 ton > 265,17ton artinya Bowles dalam perhitungan daya dukung lebih konservatif tetapi dalam segi volume lebih boros yaitu 2,71% > 2,65%, dari analisa stabilitas terjadi penurunan sebesar 1,49cm < 2,5cm berarti aman dan dari segi penggulingan sebesar 1,46 < 1,5 dari kajian ini dianggap tidak aman.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bowles. J. E., 1988, Analisa Dan Desain Pondasi II. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Bowles. J. E., 1991, Analisa Dan Desain Pondasi I. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Das, B.M, 1994, Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis), Penerbit Erlangga, Jakarta.

Fuad, 2013, Perencanaan Pondasi Tiang Pancang Pada Abutment Jembatan Pracetak. Politeknik Negeri Lhokseumawe, Tugas Akhir .

Hardiyatmo, H.C, 2003, Teknik Fondasi II (edisi II), Gadjah Mada University Press, Yogyakarta

Hardiyatmo, H.C, 2002, Mekanika Tanah I (edisi III), Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Peraturan Perencanaan Pembebanan Jembatan Jalan Raya, 1987. Direktorat Jenderal Bina Marga.

Sardjono, HS. 1991. Pondasi Tiang Pancang Jilid 1, Penerbit Sinar Jaya Wijaya, Surabaya.

Sardjono, HS, 1991. Pondasi Tiang Pancang Jilid I1, Penerbit Sinar Jaya Wijaya, Surabaya.

Yusra, C.L, 2012, Kajian Kemampuan Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang dan Pondasi Bore Pile pada Pilar Jembatan Ulee Lheue Banda Aceh, Politeknik Negeri Lhokseumawe, Tugas Akhir.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.