RENCANA ANGGARAN BIAYA DAN METODE PELAKSANAAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN LAMNYONG KOTA BANDA ACEH

Dedy Fachrurrazi, Chairil Anwar, Afdhal Hasan

Abstrak


Jembatan Lamnyong di bangun untuk melayani kepadatan lalu lintas menuju pusat pendidikan seperti sekolah-sekolah tingkat dasar maupun menengah dan dua Universitas yaitu Universitas Syiah Kuala dan Universitas Islam Ar-Raniry yang sangat padat. Perhitungan Anggaran Biaya pembangunan jembatan tersebut meliputi biaya bahan, upah tenaga kerja, peralatan, dan biaya-biaya lain yang saling berkaitan. Bagian yang termasuk di perhitungan anggaran biaya meliputi bangunan bawah jembatan seperti kontruksi Pondasi, kontruksi Pilar, dan kontruksi Abutment dengan menggunakan metode Analisa Bina Marga 2013. Metode pelaksanaan yang diterapkan mengacu pada standar pengerjaan yang sering diterapkan di lapangan. Dari hasil perhitungan didapatkan anggaran biaya keseluruhan tersebut adalah sebesar Rp. 27.136.701.000,00-  sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10% dan keuntungan serta menerapkan metode pelaksanaan yang efektif dan efesien pada setiap pekerjaan bangunan bawah Jembatan Lamnyong berdasarkan gambar rencana.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Departemen Pekerjaan Umum dan Perumahan. 2013. Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum.

Dinas Pendapatan dan Kekayaan Aceh. 2014. Penetapan Standar Satuan Harga Bahan Bangunan dan Jasa Kebutuhan Pemerintah Aceh Tahun 2015. Hardyatmo, C. H. 2008. Teknik Pondasi 2. Jakarta: Gadjah Mada University Press.

Jawat, Wayan. 2015. Metode Pelaksanaan Pekerjaan Pondasi. Jurnal Paduraksa, Volume 4 No. 2: 22-34.

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 2015. Pedoman Persyaratan Umum Perencanaan Jembatan.

Manu, Iqbal. A. 1995. Dasar-Dasar Perencanaan-Jembatan Beton Bertulang. Jakarta: PT. Media.

Rochmanhadi. 1992. Perhitungan Biaya Pelaksanaan Pekerjaan dengan Menggunakan Alat-Alat Berat. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.

Rostiyanti, F.S. 2002. Alat Berat Untuk Proyek Konstruksi. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Sajekti, Amien. 2009. Metode Kerja Bangunan Sipil. Yogyakarta: Graha Ilmu. Soedrajat, S.A. 1994. Analisa Anggaran Biaya Pelaksanaa. Bandung: Nova.

Widiasanti, I. dkk. 2013. Manajemen Kontruksi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.