EVALUASI MUTU DAN WAKTU PELAKSANAAN PADA PEKERJAAN JALAN SIMPANG KEUDEE ALUE IE MIRAH – PUCOK ALUE KEC. TANAH JAMBO AYE

Dimas Ananda Putra, Jafar Siddik, Chairil Anwar

Abstrak


Dalam pelaksanaan proyek jarang ditemui pelaksanaanya berjalan tepat sesuai standar yang direncanakan. Agar proyek tidak terjadi kerugian maka dilakukan evaluasi proyek baik dalam aspek mutu material dengan membandingkan dengan standar yang telah ditentukan dan waktu dengan menggunakan metode earned value. Evaluasi dilakukan pada proyek Simpang Keudee Alue Ie Mirah – Pucok Alue Kec. Tanah Jambo Aye, pada mutu material pelaksanaan proyek ini sesuai dengan mutu material perencanaan namun pada pelaksanaan proyek menglami keterlambatan selama 2 hari dari perencanaan. Berdasarkan data yang diperoleh dari kontraktor pelaksana, dilakukan evaluasi kontrol kualiats material rencana dengan pelaksanaan dan perhitungan ACWP (Actual Cost Work Performance), BCWS (Budget Cost Work Schedule), dan BCWP (Budget Cost Work Performance). Dari parameter tersebut dilakukan evaluasi terhadap aspek mutu dan waktu. Evaluasi mutu material dilakukan pada nilai CBR dan nilai kepadatan, evaluasi waktu dengan metode earned value dilakukan pada minggu ke-24 dengan nilai ACWP Rp. 1.205.163.472,50, nilai BCWS Rp. 1.629.114.638 dan nilai BCWP Rp. 1.606.884.630. Hasil evaluasi data mutu diperoleh nilai CBR pada LPB > 60%, Nilai CBR pada LPA > 90%, nilai kepadatan lapisan permukaan >98% dan hasil evaluasi data waktu diperoleh penyelesaian waktu pelaksanaan selama 26,02 minggu.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Husen Abrar. 2009. Manajemen Proyek. Yogyakarta : Andi.

Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, 2010.

Setiawan Rudy. 1999. Pondasi Jalan. Bandung : Nova.

Sukirman Silvia. 1994. Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung : Nova.

Soeharto Iman. 1997. Manajemen Proyek : dari tahap konseptual sampai operasional.Jakarta : Erlangga.

Clarkson H. Oglesby., serta R. Gary Hicks. 1999. Teknik Jalan Raya Jilid 2. Jakarta. Erlangga

Kartikasari Dwi. 2014. Pengendalian Biaya dan Waktu dengan Metode Earned Value: Studi Masalah Proyek Struktur dan Arsitektur Produksi Hall-02 Pandaan. Surabaya: Jurnal Teknik Sipil Untag Surabaya. Vol 7 No. 2, hal. 107- 114

Tim Penulis. 2012. Panduan Penulisan Proposal dan Proyek Akhir Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe. Lhokseumawe: Politeknik Negeri Lhokseumawe.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Sipil Sains Terapan