TINJAUAN LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG ISTANA BENUA RAJA KABUPATEN ACEH TAMIANG

Savira Indah Ningsih, - Irwansyah, Meilandy Purwandito

Sari


Penelitian ini membahas tentang Tinjauan Laik Fungsi Bangunan Gedung Istana Benua Raja Aceh Tamiang . Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui nilai keandalan pada setiap Aspek pada Bangunan gedung Istana Benua Raja dikarenakan melihat dari usia bangunan yang sudah dibangun puluhan tahun lamanya sehingga perlu dilakukan tinjauan laik fungsi untuk mengetahui nilai keandalan bangunan gedung Istana Benua Raja Aceh Tamiang dengan menggunakan Software Penilaian keandalan bangunan gedung Rumah Susun Sewa (Rusunawa). Aspek yang dinilai adalah Aspek Struktural, Arsitektural, Utilitas, Aksesibilitas, dan Tata Bangunan dan Lingkungan dan juga mengetahui apakah Form penilaian keandalanan bangunan gedung Rusunawa bisa di gunakan untuk menilai keandalan Bangunan Istana Benua Raja yang berbentuk rumah tinggal sederhana, Dari hasil survey dan pengamatan yang dilakukan kondisi Bangunan Istana Benua Raja terlihat masih sangat layak untuk dijadikan tempat tinggal, namun setelah dilakukan penilaian menggunakan form Keandalan Bangunan Gedung Rusunawa pada setiap aspek yaitu : Kondisi pada Aspek Struktural sebesar 98,49 (Andal), Aspek Arsitektural sebesar 97,6 (Andal), Aspek Utilitas sebesar 39,1 (Tidak Andal), Aspek Aksesibilitas sebesar 47,9 ( Tidak Andal) dan Tata Ruang Bangunan dan Lingkungan sebesar 100,0 ( Andal). Secara keseluruhan kondisi kelayakan bangunan gedung Istana Benua Raja Aceh Tamiang ini sebesar 66,23, hal ini dikarenakan ada beberapa komponen yang tidak tersedia pada setiap aspek yang di nilai pada Form Keandalan Bangunan untuk Rusunawa seperti aspek utilitas dan aksesibilitas, dikarenakan Istana Benua Raja ini berbentuk rumah tinggal sederhana. Form Keandalan Bangunan Gedung Rusunawa dapat digunakan untuk menganalisis kondisi kelayakan Bangunan Istana Benua Raja Aceh Tamiang, namun sebaiknya form ini perlu dilakukan modifikasi untuk menilai bangunan satu lantai khususnya rumah tinggal sederhana seperti bangunan Istana Benua Raja Aceh Tamiang ini. Setelah dilakukam modifikasi pembobotan ulang pada setiap aspek, kondisi keseluruhan Bangunan Istana Benua Raja menjadi 90,79 termasuk kategori Andal.

 

Kata Kunci : Keandalan, Bangunan, Laik fungsi

DOI: https://doi.org/10.30811/bissotek.v12i1.2919



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amri, Sjafei. 2006. Teknologi Audit Forensik,Repair dan Retrofit untuk Rumah dan Bangunan Gedung. Yayasan John Hi-Tech Idetama. Jakarta

Hadi, S., Affifuddin, M., & Dirhamsyah, M. (2019). Evaluasi Kondisi Struktur Masjid Tua Teungku Di Pucok Krueng Pasca Gempa 6.4 Mw Di Pidie Jaya. Elkawnie, 5(2), 100.

Loads, M. D., & Structures, O. (2017). Minimum design loads and associated criteria for buildings and other structures. In Minimum Design Loads and Associated Criteria for Buildings and Other Structures.

Lutfi, M., & Syaifullah, B. N. (2020). Analisis Kelayakan Bangunan Gedung Pasar Sukasari Bogor Melalui Pendekatan Laik Fungsi Bangunan. Astonjadro, 9(1), 14.

Pemerintah Indonesia. 2018, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No.27/PRT/M/2018 Tentang Sertifikat tentang Laik Fungsi Bangunan Gedung.

Pemerintah Indonesia. Undang – Undang Nomor 28 Tahun 2022 Tentang Bangunan Gedung

Purwandito, M., & Lydia, E. N. (2015). Analisis Biaya Rehabilitasi Dan Pemanfaatan Bangunan Gedung Asrama. JURUTERA-Jurnal Umum Teknik

Rosalina. (n.d.). Sistem Pemeliharaan Gedung Ditinjau Dari Keandalan Bangunan Gedung (Studi Kasus: Gedung Rumah Susun Sederhana Sewa di Kabupaten Cilacap).

Trumansyahjaya, K. (2013). Penilaian Terhadap Keandalan Bangunan Gedung Pada Bangunan Gedung di Universitas Negeri Gorontalo. RADIAL - JuRnal PerADaban SaIns, RekayAsa Dan TeknoLogi, 36, 137–149.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Email:[email protected]
Sekretariat:Lantai 2 Gedung Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe, Aceh, Indonesia.