PERBANDINGAN KUAT TEKAN DAN KUAT GESER PADA TANAH LEMPUNG DENGAN VARIASI CAMPURAN PASIR PANTAI DAN PASIR SUNGAI

Praditha Yuliani, Meilandy Purwandito, Ellida Novita Lydia

Sari


Tanah lempung adalah tanah yang mempunyai partikel - partikel tertentu yang menghasilkan sifat plastis pada tanah bila dicampur dengan air,maka dari itu di lakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perubahan sifat fisik serta nilai kuat tekan dan nilai kuat geser langsung pada tanah lempung setelah dicampurkan dengan pasir pantai dan pasir sungai. Pasir pantai sendiri memiliki gradasi yang seragam serta mengandung garam dengan karakteristik butiran yang halus dan bulat. Pasir sungai atau pasir urug diambil secara alami di sungai dimana material tersebut mempunyai kualitas dan kadar lumpur yang tidak sama, untuk kedua jenis pasir tersebut memiliki gradasi pasir yang berbeda – beda maka dari itu untuk mengetahui perubahan sifat fisik serta kuat tekan dan kuat geser dilakukan pengujian dengan pencampuran pasir pantai dan pasir sungai yang kedua material dicampurkan dengan persentase sebesar 5%,10%,15%,20% dan 25%. Pengujian ini meliputi sifat fisik tanah serta kuat geser dan kuat tekan langsung, dari hasil pengujian didapat kadar air tanah asli sebesar 45,70% dan setelah mengalami pencampuran menjadi penurunan hingga 30,90%. Untuk pengujian nilai kuat tekan tanah asli yaitu sebesar 12,51 kg/cm² dan pada campuran 5% mengalami kenaikan sebesar 13,05 kg/cm² lalu pada persentase penamabahan pasir pantai dan pasir sungai berikutnya mengalami penurunan dan untuk hasil pengujian nilai kuat geser tanah lempung asli sebesar 0,84 kg/cm² lalu pada penambahan campuran 10% mengalami penurunan sebesar 0,02 kg/cm². Hal ini menunjukkan bahwa pasir pantai dan pasir sungai berpengaruh terhadap nilai kuat tekan dan kuat geser tanah lempung

 

Kata Kunci : Tanah lempung, Pasir pantai, Pasir sungai,Kuat tekan,Kuat geser

DOI: https://doi.org/10.30811/bissotek.v12i1.3006

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus, F., Dewi Yustika, R., & Haryati, D. U. (n.d.). 3. Penetapan Berat Volume Tanah.

Akhir, T. (n.d.). Tinjauan Penurunan Konsolidasi Dan Kuat Dukung Pada Tanah Lempung Tanon Yang Distabilisasi Dengan Kapur Dan Tanah Gadong.

Iqbal Hermawan, M., & Afriani, L. (2015). Korelasi Kuat Tekan Bebas dengan Kuat Geser Langsung pad Tanah Lempung yang dicampur dengan Zeolit (Vol. 3, Issue 1).

Kurniawan, D. (2015). Hubungan Nilai Konsolidasi dan Nilai Kuat Tekan Bebas pada Tanah Lempung yang Disubtitusi Material Pasir (Vol. 3, Issue 1).

Muhammad Muliadi, ST, 2015. Pemanfaatan Tanah Lempung & Abu Kulit Kakao Sebagai Bahan Baku Pengganti Pasir Pada Pembuatan Paving Block. Skripsi Fakultas Teknik Sipil Universitas Samudra.

Nurfadzillah, ST, 2011. Stabilisasi Tanah Dasar (Subgrade) Dengan Menggunkan Pasir Untuk Menaikkan Nilai CBR Dan Menurunkan Swelling. Skripsi Fakultas Teknik Sipil Universitas Samudra.

Parapaga, R. T., Sarajar, A. N., & Legrans, R. R. I. (2018). Pengaruh Penambahan Zeolite Terhadap Kuat Geser Pada Tanah Berlempung. Jurnal Sipil Statik, 6(7), 501–509.

Pratama, A. W. (N.D.). Abstract Compressive Strength And Shear Strength Correlation On Clay Substituted With A Variety Of Sand Mixture.

Supardin, 2012. Penuntun Dan Lembar Kerja Pratikum Pengujian Tanah. Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Email:[email protected]
Sekretariat:Lantai 2 Gedung Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe, Aceh, Indonesia.