Rancang Bangun Prototype Smart Wastafel Berbasis (IoT) Internet of Things

Saifullah Saifullah, Muhammad Nasir*, Indrawati Indrawati

Sari


Saat ini wastatafel masih banyak menggunakan sistem menual dimana sistem tersebut memerlukan tenaga dan kemampuan manusia untuk mengendalikan keran dan mengetahui ketinggian sabun cair pada wastafel tersebut akan tetapi cara menual tersebut masih dapat terjadi kesalah atau kekeliruan. Salah satu solusi yang dapat memenuhi kebutuhan dari implementasi sistem tersebut adalah dengan adanya suatu sistem yang memanfaatkan sensor dan motor yang berfungsi sebagai pemantau ketinggian sabun cair serta bisa membuat laju air pada keran secara otomatis sehingga potensi kehabisan sabun cair pada wastafel dapat diketahui secara dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon alat yang tersedia terhadap perintah yang diberikan dan keakurasian sensor sehingga mendapatkan hasil sesuai keluaran yang diharapkan. Rancang Bangun Smart Wastafel Berbasis (IoT) Internet of Things ini dibangun menggunakan mikrokontroler Wemos D1-R1, senor ultrasonic, dan Motor DC digunakan untuk membuat keran air dan keran sabun berjalan otomatis, dan sensor ultrasonic juga di gunakan untuk mengukur ketinggian sabun cair pada wastafel dan blynk digunakan untuk penampil informasi ketinggian sabun cair pada wastafel. Data penelitian telah diperoleh dengan cara melihat kesesuaian ketinggian sabun cair yang ditampilkan pada blynk dengan ketinggian sabun cair sebenarnya dan pengujian pada setiap jalur keran dengan busur dan mistar. Berdasarkan hasil pengujian pada tempat sabun diperoleh 2 pengujian tidak sesuai dengan ketinggian sabun cair sebenarnya sehingga persentase kesesuaian mencapai 85% dan pada keran pengujian dengan busur persentase kesesuaian mencapai 72% dengan titik aktif terletak pada sudut 0°-130° dan titik tidak aktif 140°-180° pengujian dengan mistar mencapai persentase kesesuaian 80% .dengan jarak 1 cm -3 cm tidak aktif saat objek tangan mendekat.


Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


.covid19.unsyiah. “Corona Virus19 (online http://covid19.unsyiah.ac.id/latar-belakang/ Diakses 21 Oktober 2019.

. Fisika, J., & Universitas, F. (2015). Mikrokontroler ATmega8535 dengan Menggunakan Sensor Fotodioda. 4(2), 106-112.

. Astari, S., St, R. P., & Nusyirwan, D. (n.d.). Kran air wudhu’ otomatis berbasis arduino atmega 328. 0071.

. Fisika, J., & Universitas, F. (2015). Mikrokontroler ATmega8535 dengan Menggunakan Sensor Fotodioda. 4(2), 106-112.

. Damayanti, S., Pelawi, B., Manan, S., Vokasi, S., & Diponegoro, U. (2017).Sistem Monitoring Volume Air Menggunakan Sensor Ultrasonik dan Monitoring Output Volume Air Menggunakan Flow Meter. 19(2), 6-9.

. Barri, R., & Nasir, M. (2017). Penerapan Sistem Monitoring dan Pengaturan Suhu dan Kelembaban Pada Inkubator Bayi Menggunakan Single Board Computer. 2(2), 19–22.

. Husna, R., Nasir, M., & Hidayat, H. T. (2020). Rancang Bangun Prototype Jemuran Berbasis Iot ( Internet Of Things ). 3(2), 7–12.

. Nasa, M. A., & Rudi, F. Y. (2019). Rancangan Bangun Monitoring dan Controlling Bendungan Otomatis Berbasis Internet of Things. 3(1), 1-7.

. Bari, Mani, & Berkovich, 2013 “Internet of Things”. www.dictio.id diakses 11 januari 2020

.Digi-bytes, 2018. “Sensor Jarak Ultrasonic HC-SR04 “ .online .www.digibytes.com Diakses 21 Oktober 2019.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882