Penerapan Perancangan Sistem Informasi Kegiatan Di Kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe Dengan Notifikasi Otomatis

Yuni Perdana Sadifal, Anwar Anwar*, Indrawati Indrawati

Sari


Notifikasi adalah pemberitahuan mengenai informasi atau pengumuman dari pihak tertentu kepada pihak yang dituju. Informasi adalah suatu data atau pesan penting yang memberikan pengetahuan yang berguna untuk penerimanya, penyampiannya dilakukan dengan berbagai cara baik itu dengan cara yang manual atau dengan cara otomatis. Salah satunya yaitu penyampain informasi kegiatan dikampus yang masih menggunakan cara yang manual. Sehingga banyak civitas akademika tarkadang tidak mengetahui mengenai kegiatan-kegiatan yang berlangsung ataupun ada kegiatan tertentu yang lupa dikabarkan. Dengan adanya perkembangan teknologi yang begitu pesat pada saat ini maka dapat diciptakan sebuah sistem yang dapat memberikan informasi kegiatan yang ada dikampus melalui notifikasi yang bisa diinput jauh hari (terjadwal).  Notifikasi yang akan dibuat akan mengirimkan pesan secara otomatis jika target berada di radius yang telah ditentukan, sehingga target yang menerima informasi mengetahui segala kegiatan. Perancangan sebuah sistem ini diharapkan dapat memudahkan dosen dalam mendapatkan informasi secara cepat dan efisien. Sistem ini dibangun dengan menggunakan PHP web dan dan Flutter dengan menggunakan bahasa pemograman dart untuk membangun aplikasi Android serta memanfaatka teknologi GPS untuk menentukan lokasi area yang dapat menerima notifikasi otomatis. Hasil dari pengujian yaitu sistem sudah bisa berjalan dengan baik serta user dapat menerima notifikasi dengan jarak maksimun 300 meter. Sistem informasi mampu dijalankan pada device yang diuji berupa Android Marsmallow Versi 6.1 hingga android versi terbaru yaitu Android Q Versi 10 serta sudah dapat mengirimkan notikasi kesmartphone user. 3.               Persentase keberhasilan pengujian Black Box Testing  web admin yaitu 84,6%, sedangkan keberhasilan pengujian aplikasi mobile yaitu 70%. Persentase pengujian perangkat mencapai 100% serta pengujian jarak penerimaan notifikasi yaitu 90%.

Teks Lengkap:

XML

Referensi


. Nasution. 2018. ‘Teknologi Push Notifikasi Berbasis Android Untuk Informasi’.

. Iqbal. 2015. ’Perancangan Aplikasi Mobile Location Based Service (LBS) Untuk Lokasi Penyewaan Rumah Kos di Kota Semarang Berbasis Android’.

. Aditya. 2015. “Aplikasi Informasi Kegiatan Mahasiswa di Fakultas Ilmu Terapan Uniiversitas Telkom Berbasis Android dan SMS Broadcast”

. Anwar. 2014. ’Implementasi Location Based Service Berbasis Android Untuk Mengetahui Posisi’.

. Singgih.2014. ’Rancang Bangun Sistem Informasi Pengingat Jadwal Pembayaran Angsuran Berbasis Sms Gateway’


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882