Penerapan Internet Of Things Pada Smart Laundry

Safriana Safriana, Muhammad Nasir*, Aswandi Aswandi

Sari


Sistem pelayanan pada setiap laundry yang berada di setiap daerah saat ini masih dilakukan secara manual, hal ini dianggap kurang efisien dikarenakan pelayan sering kebingungan saat mencari pakaian yang hendak di jemput oleh salah satu pelanggan. Kemudian pelayan terkadang sering lupa dalam memberi informasi kepada pelanggan untuk menjemput pakaian yang telah selesai di cuci. Hal tersebut menjadi suatu permasalahan dimana pelanggan harus bolak balik untuk menanyakan status pakaiannya telah selesai dicuci atau belum. Smart laundry adalah salah satu bentuk implementasi yang memiliki tujuan utamanya yaitu membantu pelanggan dalam mengetahui pakaian yang telah siap di jemput dan dapat membantu pelayan dalam mengetahui keberadaan pakaian pelanggan tersebut. Tag RFID pelanggan yang terdaftar menjadi member pada layanan laundry digunakan sebagai alat untuk menyimpan data pelanggan pada saat pelanggan membawa pakaian yang hendak di cuci dan mengetahui keberadaan pakaian pelanggan yang telah selesai di cuci pada saat pelanggan mengambil pakaiain. Dalam penelitian ini juga menggunakan metode QoS (Quality of Service) untuk mengukur parameter delay yang dihasilkan dalam satu jaringan yang digunakan. Hasil pengujian yang telah dilakukan sebanyak 35 kali percobaan dalam penelitian ini delay dihasilkan 0.956458 second. Dari hasil pengujian Jarak maksimum pembacaan atara tag RFID dengan RFID reader yaitu 3 cm. Dari hasil 10 kali percobaan, persentase keberhasilan sistem dalam mengirim notifikasi berupa pakaian yang telah selesai dan siap untuk dijemput pada pelanggan yaitu 80% dan kegagalan sistem dalam mengirim notifikasi yaitu 20%.


Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


. Natalies, Grislend Gloria, dkk, 2014. “Implementasi Sistem Identifikasi Pakaian Menggunakan Rfid Dan Notifikasi Sms Pada Layanan Binatu”, Jurnal Elektro Telekomunikasi Terapan, Universitas Telkom.

. Yanti, N, 2018. “Rancang Bangun Sistem Pendeteksi Tata Letak Buku Perpustakaan Menggunakan Rfid Berbasis WEB”, (TA. Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer. Politeknik Negeri Lhokseumawe).

. Yacob, C, 2018. “Sistem Prediksi Posisi Kendaraan Pada Area Parkir Berbasis RFID”, (TA. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Sanata Dharma).

. Nasir, M, dkk. 2019. “Sistem Monitoring Absensi Perkuliahan Dengan Menggunakan RFID Berbasis Raspberry Pi”. Proceding Seminar Nasional. 1, Vol 1. Politeknik Negeri Lhokseumawe.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882