Aplikasi Marketplace Alat Rumah Tangga Berbasis Android

Nurul Shalleha, Anwar Anwar*, Fachri Yanuar Rudi F

Sari


Marketplace adalah sebuah sistem yang memudahkan pengguna dalam mengakses dan mengelola informasi yang dibutuhkan sehingga proses jual beli menjadi lebih efisien. Pada sebuah toko ingin barangnya dapat terjual dengan lancar dan mendapatkan keuntungan sesuai yang diharapkan, agar usaha dagang tersebut tetap maju dan berkembang diperlukan strategi dagang dan pengelolaan yang baik. Strategi penjualan yang dimaksud berupa peningkatan kualitas marketing, manajemen, pelayanan, termasuk penerapan teknologi informasi di toko tersebut. Penelitian ini menggembangkan aplikasi marketplace alat rumah tangga berbasis android untuk memudahkan dalam penjualan barang sehingga proses pemesanan barang menjadi lebih efisien. Android digunakan sebagai client sehingga pembeli memesan barang melalui smartphone android secara online. Aplikasi ini menggunakan metode pengujian black box testing dengan menguji kebutuhan fungsional dari sistem aplikasidinyatakan berfungsi dengan baik sesuai yang diharapkan.Pengujian kualitas jaringan internet pada aplikasi android menggunakan devTools flutter dan aplikasi meteor. Untuk hasil pengujian kualitas jaringan intenet dalam melakukan request dari setiap halaman pada aplikasi android yaitu 2,12 second. Dengan demikian, aplikasi marketplace alat rumah tangga berbasis android dapat memberikan informasi produk, kemudahan pemesanan produk, dan memperluas area pemasaran dengan mempromosikan produk secara digital

Teks Lengkap:

XML

Referensi


. Karmila, D. & Rusda, D. 2019 “E-Marketplace Penjualan Dan Pemasaran Barang Furniture Pada Toko Mebel Menggunakan PHP dan MySQL Server”.

. Utama, D., Johar, A., & Coestera, F. F. 2016 ”Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Restaurant Berbasis Client Server dengan Platform Android dan PHP Menggunakan Metode Centralized DBMS Architecture”.

. Iqbal., M, Azhar, & Huzaeni. 2019 “Perancangan Aplikasi Penjualan Sepeda Motor Dan Sparepart Motor Berbasis Web (Studi Kasus : UD. Variasi Motor Di Matang Gelumpang Dua)”.

. Muhammad., & Yahdi, K. 2018 “Aplikasi Sistem Informasi Pemesanan Paket Pernikahan Berbasis Web (Studi Kasus: Sanggar Laras Wedding Bogor)”.

. Suandi, A., Khasanah, N., F, & Retnoningsih, E. 2017 “Pengujian Sistem Informasi E-commerce Usaha Gudang Cokelat Menggunakan Uji Alpha dan Beta”.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882