Penerapan IoT Pada Sistem Monitoring Beban Listrik Untuk Aplikasi Smart Class

Siti Rahayu, Muhammad Nasir*, Amri Amri

Sari


Teknologi Internet of Things (IoT) dapat mempermudah aktivitas manusia dalam melakukan proses pengendalian dan pengontrolan suatu perangkat. Seperti pada proses monitoring daya listrik pada ruang kelas dengan jumlah 4 ruang yang berada pada gedung jurusan TIK lantai tiga. Setiap kegiatan perkuliahan di ruang kelas tersebut selalu menggunakan peralatan elektrik, seperti halnya lampu dan AC (Air Conditioner). Tetapi dari hasil pengamatan selama ini penggunaan peralatan elektrik di ruang kelas kurang efisien. Seringkali peralatan tersebut masih tetap menyala meskipun di ruang kelas sudah tidak ada kegiatan perkuliahan lagi. Dari permasalahan tersebut dibutuhkan monitoring pemantauan terhadap lampu dan AC yang masih hidup. Sehingga muncul sebuah solusi yaitu menciptakan sebuah sistem pengontrolan peralatan elektronik dari jarak jauh menggunakan Smartphone. Sebagai infrastruktur komunikasinya menggunakan jaringan WiFi kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe dan wemos D1 (R1) digunakan sebagai perangkat pengendalinya. Relay dihubungkan ke wemos D1 (R1) dan digunakan sebagai saklar untuk lampu dan AC yang dikendalikan. Untuk sensor yang digunakan yaitu sensor cahaya LDR (Light Dependent Resistor) dan juga sensor arus PZEM 004T yang dihubungkan pada masing-masing peralatan elektronik. Apabila lampu dan AC dalam keadaan hidup dan mati maka akan muncul notifikasi ke Smartphone melalui aplikasi Telegram. Penerapan IoT ini dapat bermanfaat dalam penghematan listrik sehingga pemakaian dapat diminimalisirkan dengan baik.


Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Safril Hudan, I, Tri Rijianto, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Daya Listrik Pada Kamar Kos Berbasis Internet of Things (IoT),” vol. 8, no. 1, pp. 91–99, 2019.

Husna,R.,Nasir, M, dan Hidayat, H. T. (2019).“Rancang Bangun Prototype Jemuran Berbasis Iot (Internet of Things)”.Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer.2, Vol 3. Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Barri, R., & Nasir, M. (2017).Penerapan Sistem Monitoring dan Pengaturan Suhu dan Kelembaban Pada Inkubator Bayi Menggunakan Single Board Computer.2(2), 19–22.

Lianda, J, dkk “Sistem Monitoring Konsumsi Daya Listrik Jarak Jauh Berbasis Internet of Things,” JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa), vol. 4, no. 1, pp. 79-84, 2017.

Tomasua, S, dkk, “Sistem Kendali Dan Monitoring Penggunaan Peralatan Listrik Di Rumah Menggunakan Raspberry Pi Dan Web Service,” Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, vol. 4, no. 3, pp. 85–96, 2016.

Al-Qorni, W, dkk, “Perancangan Sistem Kontrol Otomatis Berbasis Web Menggunakan Raspberry Pi 3 pada Smarthome,” Al-Faziya, vol. 1, no. 2, 2018


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882