Aplikasi Virtual Reality Kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe

Keumala Saputri, Mursyidah Mursyidah*, Indrawati Indrawati

Sari


Politeknik Negeri Lhokseumawe merupakan satu-satunya Politeknik Negeri yang berada di Provinsi Aceh. Promosi dan pengenalan fasilitas-fasilitas kampus tersebut biasanya dilakukan dengan memakai pendukung seperti brosur atau spanduk. Saat ini banyaknya pilihan jurusan membuat mahasiswa, calon mahasiswa binggung dalam memilih jurusan yang diminatinya. Dengan permasalahan diatas, maka dibuatlah aplikasi Virtual Reality kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe untuk memudahkan mahasiswa mendapatkan informasi letak gedung-gedung jurusan yang ada didalam kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe. Aplikasi Virtual Reality ini dibuat dengan menggunakan software Blender, dan Unity 3D. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai tampilan gedung jurusan yang ada di kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe , Hasil akhir aplikasi ini akan ditampilkan di Website Politeknik Negeri Lhokseumawe, Teknologi Virtual Reality dimanfaatkan untuk dapat menampilkan Virtual Reality Kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe sehingga aplikasi ini di desain dalam bentuk objek tiga dimensi (3D). dan dibagi menjadi sejumlah scene, agar dapat ditampilkan secara real time. Hasil pengujian respon dari 40 pengguna setelah menggunakan aplikasi Virtual Reality Kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe menunjukkan angka 84,5% bahwa aplikasi mudah dioperasikan, 87,5% bahwa aplikasi dapat dipelajari dengan mudah, 81,5% bahwa tampilan menu aplikasi mudah dikenali, 84,5% bahwa informasi yang disediakan oleh aplikasi mudah dimengerti, 83% bahwa fungsi menu sesuai dengan tujuan yang diinginkan, 82,5% bahwa aplikasi sesuai kebutuhan, 85% bahwa aplikasi nyaman digunakan, 88% bahwa aplikasi memiliki tampilan yang menarik, 84% bahwa secara keseluruhan penggunaan aplikasi memuaskan, dan 87,5% bahwa aplikasi bermanfaat bagi pengguna, maka hasil presetasi dari seluruh pertanyaan yang diajukan kepada responden menunjukkan kategori sangat setuju untuk kelayakan aplikasi ini sebagai media pengenalan aplikasi Virtual Reality Kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Astita, N.L.M.D.A, Rochim, A.F, & Marton, K.T. 2015. Aplikasi Augmented Reality Denah SMP Negeri 36 Purworejo Menggunakan Mobile Androi. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 3(4): 456-460.

Riyadi, Firman Setiawan, dkk, 2017, “Aplikasi 3D Virtual Reality Sebagai Media Pengenalan Kampus Politeknik Negeri Indramayu Berbasis Mobile”. Jurnal Informatika dan Komputer (JIKO), Vol.2, No.2. Hal. 75-82.

Wardijono, B.A, dkk, 2015, “ Pengembangan Model Grafik 3 Dimensi Monumen Nasional Dan Lingkungan Sekitarnya Dengan Teknologi Virtual Reality Berbasis Web ”. E-jurnal Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Rahman, F, Mursyidah dan Jamilah,2019.“Pengenalan Gedung Kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe Menggunakan Voice Information Berbasis Virtual Reality”. Jurnal Teknologi Rekayasa Komputer dan Jaringan.

Aulia, Rachmat, dkk, 2018. “Teknologi Virtual Reality Sebagai Media Promosi kawasan Wisata Titi Hijau Hutan Bakau Kota Langsa”. Prosiding SNEI 4.0, Vol.1, No.1, Hal. 282-290


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882