Rancang Bangun Prototype Smart Dispenser Berbasis IoT (Internet Of Things)

Annisa Karima, Muhammad Nasir*, Mursyidah Mursyidah

Sari


Sistem yang ada pada dispenser saat ini banyak yang masih secara manual, itu dianggap kurang menguntungkan dikarenakan sering orang lupa untuk mematikan keran dispenser sementara air didalam gelas sudah penuh terisi sehingga air bisa tumpah dan terbuang sia-sia. Kemudian Penggunaan dispenser bukan saja digunakan sebagai peralatan rumah tangga namun juga digunakan pada perkantoran dan perusahaan, Pada perkantoran dan perusahaan besar tersedia dispenser pada setiap ruangan hal ini menjadi sebuah kendala bagi Office Boy dalam mengontrol ketersedian air galon pada setiap ruangan disetiap harinya, dengan begitu waktu yang seharusnya digunakan untuk mengerjakan hal-hal lainnya menjadi terbuang karena pengontrolan secara manual. Penerapan Iot (Internet of things) pada dispenser ini bertujuan untuk memberikan kemudahan pada pekerjaan Office boy dalam proses pengontrolan ketersediaan air pada galon dispenser disetiap ruangan kantor dan mengurangi rasa khawatir bagi pengguna akan terjadi tumpahan air karena terisi terlalu penuh saat ditinggal ketika pengisian air dengan sendirinya. Hardware yang digunakan adalah sensor ultrasonik sebagai pengukur ketinggin air didalam galon dispenser sehingga ketika air galon sudah habis maka sensor ultrsonik akan memberi perintah kepada wemos untuk mengirim notifikasi melalui aplikasi Telegram kemudian pada dispenser terdapat sensor ultrasonik untuk mendeteksi adanya gelas , saat sensor ultrasonik telah mendeteksi adanya gelas maka Motor DC akan memompa atau menarik air dari galon agar air dapat keluar mengisi gelas, setelah air terisi penuh maka pompa akan mati dan berhenti mengisi air kedalam gelas. Berdasarkan hasil pengujian delay waktu yang dibutuhkan dispenser untuk menuangkan air kedalam gelas berukuran 230 ml ialah 9 detik. Pada monitoring ketersedian air galon jarak sensor dengan permukaan air galon 5cm air dalam kondisi penuh dan saat jarak sensor dengan permukaan air galon > 25cm air dalam kondisi habis pada kondisi tersebut Office boy akan menerima notifikasi melalui aplikasi telegram bahwa air telah habis. Perbandingan jarak ukur sensor ultrasonik dengan penggaris memiliki kesalahan sebesar  0%-10%. Dari hasil pengujian rata-rata nilai persentase error sistem dijalankan sebesar 30% dan rata-rata persentase nilai akurasi alat sebesar 70%.


Teks Lengkap:

XML

Referensi


P,Adhitya.,Dedi,Triyanto,Dan Rismawan,Tedy.2015.”Rancang Bangun Sistem Monitoring Volume Dan Pengisian Air Menggunakan Sensor Ultrsonik Berbasis Mikrokontroler Avr Atmegaa8”.Jurnal Coding, Sistem Komputer Untan.2,Vol 3 Universitas Tanjungpura.

Husna,R.,Nasir, M, dan Hidayat, H. T. (2019).“Rancang

Bangun Prototype Jemuran Berbasis Iot (Internet Of

Things)”.Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer.2, Vol 3. Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Barri, R., & Nasir, M. (2017).Penerapan Sistem Monitoring dan Pengaturan Suhu dan Kelembaban Pada Inkubator Bayi Menggunakan Single Board Computer.2(2), 19–22.

Kuriando,Denny.Noertjahyana,Agustinus.DanLim,Resmana.2017.”Pendeteksi Volume Air Galon Berbasis Internet Of Things Dengan Menggunakan Arduino Dan Android “,(Fakultas Teknologi Industri Universitas Kristen Petra).

Darma,Pindhika,Gamis dan Wendanto,Wisnu.2015.

”Rancang Bangun Dispenser Otomatis Berbasis Mikrokontroler atmega 16”, Jurnal Ilmiah Go Infotech.1,Vol 21 STMIK AUB Surakarta

Bennett,Jeffrey dan Briggs,Wiliam (2015). Menggunakan

dan memahami matematika: sebuah pendekatan

penalaran kuantitatif (.3rd ed), Boston:Pearson.

Eko-Rudiawan, 2016. “ Cara Memprogram Wemos D1 R2

Mini ESP8266 dengan Arduino “ . Online . (http://eko-rudian.com/cara-memprogram-wemos-esp826-dengan-aduino/amp/) diakses 21 Oktober

I. N. Rosi, “Rancang bangun alat pembuat minuman kopi otomatis menggunakan konveyor,” J. Ilm. Mikrotek, vol. 2, no. 4, pp. 35–45, 2017.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882