Penerapan Teknologi Cloud Computing Untuk Optimalisasi Data Pada Program Studi Menggunakan Protokol SSL

Saiful Fuadi, Husaini Husaini, Muhammad Nasir

Sari


Abstrak— Cloud computing merupakan paradigma baru untuk  penempatan (hosting)  dan  pengiriman (delivering)  melalui  internet. Dalam beberapa tahun terakhir, informasi yang terdapat pada Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer khususnya Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan masih minim, mahasiswa mengalami banyak untuk  dalam mendapatkan informasi  terbaru dari pihak prodi, Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan sistem yang dapat memudahkan mahasiswa dalam mencari dan/atau mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Berdasarkan analisis dalam penerapannya, sistem yang dibangun berjalan dengan baik dimana hasil file/folder yang dibagikan di proteksi dengan password berjalan dengan baik, pengguna yang tidak memiliki password tidak dapat membuka isi dari file/folder yang dibagikan. Serta server yang diterapkan di analisis menggunakan parameter QoS berjalan dengan baik. Hasil analisis QoS dari ketiga user didapatkan hasil pengujian delay user 1 sebesar 60.941 ms, user 2 sebesar 7.026 ms dan user 3 sebersar 64.682 ms.

Kata kunci— Cloud computing, owncloud, cloud storage, penyimpanan data, parameter QoS.

 


Referensi


Agus, P. (2015). Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis. Jakarta Timur: AMIKBSI.

Asmunin, S. A. (2016). Mirroring Cloud Storage Menggunakan Owncloud Untuk Akses, Sinkronisasi, dan Share Data. Universitas Negeri Surabaya.

Faizal, M. H. (2017). Sistem Informasi Repository Skripsi Pada Fakultas Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi Universitas Mulawarman. Universitas Mulawarman.

Heru, P. (2015). Analisis Keamanan Protokol Secure Socket Layer (SSL) Terhadap Proses Sniffing di Jaringan". Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer. Universitasa Bina Darma.

Kurniawan, E. (2015). Penerapan Teknologi Cloud Computing Di Universitas pada Fakultas Teknologi Informasi UKDW. Jurnal EKSIS

Kurniawan, E. (2015). Penerapan Teknologi Cloud Computing Di Universitas pada Fakultas Teknologi Informasi UKDW. Jurnal EKSIS Vol 08 No 01.

Srihartati. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengarsipan Surat Kepegawaian Amik Akmi Baturaja. Jurnal.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882