Dekorasi Furniture Ruangan Menggunakan Augmented Reality

Rahmat Aidil, Atthariq Atthariq, Fachri Yanuar Rudi

Sari


Mendekorasi ruangan merupakan kegiatan yang memakan banyak waktu dan tenaga, terutama jika objek yang digunakan besar dan berat. Akan merepotkan jika seseorang harus menggeser setiap objek untuk menentukan letak yang sesuai. pada umumnya menggunakan marker khusus untuk menjalankan aplikasi (marker based). Penggunaan marker tersebut membuat aplikasi menjadi ketergantungan, karena aplikasi hanya akan dapat dijalankan jika marker tersedia. Hal ini dapat dihindari dengan menggunakan metode markerless user defined target tanpa marker. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai warna kontras yang baik, sudut kemiringan kamera yang baik, dan jarak minimum dan maksimun terhadap target. Aplikasi ini menggunakan metode markerless user defined target. Data dikumpulkan dengan melakukan pengujian tentang pemanfaatan metode tersebut menggunakan parameter seperti warna kontras permukaan datar, jarak dan sudut. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh jarak efektif untuk kamera yang dapat mendeteksi target dengan sempurna yaitu 50 cm sampai dengan 120 cm dan sudut kemiringan 45o .

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


M. Rifki, "Markerless Augmented Reality untuk Penataan Desain Interior Berbasis Android," Universitas Sumatera Utara, 2018.

R. Gusman, "Analisis Pemanfaatan Metode Markerless User Defined Target Pada Augmented Reality Sholat Shubuh," Infotel , vol. 8, no. 1, pp. 64-70,2016.

S. D. Siswanti, "Deteksi Keypoint Pada Markerless Augmented Reality Untuk Design Furniture Room," Jurnal Komputer Terapan,vol. 2, no. 2, pp.179-194, 2016.

A. S. L. A. M. S. Putra Octraviano Rotinsulu, "Implementasi Markerless Augmented Reality Untuk Navigasi Dalam Gedung," Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 7, no. 3, pp. 323-330, 2018.

K. N. Seutia, "Pengenalan Alat Musik Tradisional Aceh Menggunakan," Infomedia , no. 5, p. 5, 2017.

K. Romdhoni, "Penerapan Teknologi Markerless Augmented Reality Sebagai Alat Bantu Pengunjung Museum Berbasis Android," Teknik Informatika,

Y. Rizki, "Markerless Augmented Reality Pada Perangkat Android," Teknik Elektro, 2012.

B. Diardana, "Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Alat Bantu Desain Tata Letak Interior Ruang," Fakultas Ilmu Komputer,Universitas Dian Nuswantoro, 2014.

A. R. Dayat, "Pengaturan Tata Letak Furniture Menggunakan Augmented Reality," AMIK Umel Mandiri Jayapura, vol. 6, no. 1, pp. 36-41, 2015.

U. Erida, "Penggunaan Augmented Reality Untuk Mensimulasikan Dekorasi Ruangan Secara Real," Techno, Vols. 312-319, no. 4, p. 15, 2016.

M. Qadriyanto, "Rancang Bangun Aplikasi Visualisasi 3d Furniture Interior Rumah Menggunakan Augmented Reality Dengan Metode Markerless Berbasis Android," Coding, vol. 06, no. 03, pp. 237-246 , 2018


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882