Film Animasi 3D “Syeikh Nuruddin Ar-Raniri”

Nurhabibi Nurhabibi, Indrawati Indrawati, Husaini Husaini

Sari


Abstrak___Film animasi merupakan tontonan yang sangat disukai oleh anak-anak. Kebanyakan cerita sejarah dituangkan kedalam bentuk buku-buku sejarah, sehingga kurang menarik minat masyarakat untuk membacanya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat film animasi 3d sejarah biografi Syeikh Nuruddin Ar-Raniri yang menarik. Pembuatan film animasi 3D ini dirancang menggunakan Software Blender 2.7 dengan metode servey, dalam pengumpulan data. Hasil dari Frame animasi yang telah digabungkan dirender dengan frame rate 24 fps, dan hasil akhir dari proses animasi ini berupa file video dengan format AVI. selanjutnya Hasil implementasi yang diperoleh berdasarkan kuisioner yang telah dibagikan 59% dari masyakarat dan 46% dari mahasiswa menyukai film animasi Syeikh Nuruddin Ar-Raniri.               

Kata Kunci :Syeikh Nuruddin Ar-Raniri, Sejarah, Film 3D

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Putu Eka Suputra, Nyoman Piarsa, Gusti Made Arya Sasmita, 2015. Rancang Bangun Film Animasi 3D Kisah I Raja Pala. Denpasar.

Hudiono, A. 2015. Desain Pencahayaan Pada Karakter Dalam Film Animasi 2 Dimensi Berjudul Nightmare Trip.Tangerang.Universitas Multimedia Nusantara.

Muliadi Kurdi (2014) Syeikh Nurruddin Ar-raniri ulama Aceh penyanggah paham wujudiah. Banda Aceh : Naskah Aceh

Abas Md, Halabidan Baharun. 2005. Image-Based Modelling : A Review. Malaysia. Universiti Teknologi PETRONAS.

Mutia Sari (2014) perancangan dan pembuatan film animasi 3D “Sultan Iskandar Muda” menggunakan software blender. Lhokseumawe :Politeknik Negeri Lhokseumawe.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer - Politeknik Negeri Lhokseumawe is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

©2021 All rights reserved | P-ISSN: 2581-2882