STUDI SISTEM PENTANAHAN GI JULI 150 KV PT. PLN (PERSERO) WILAYAH ACEH

Imam Wahyudi, Fauzan Fauzan, Mahalla Mahalla

Sari


Abstrak Sistem pentanahan adalah sistem hubungan penghantar yang menghubungkan sistem, badan peralatan, dan instalasi dengan tanah sehingga dapat mengamankan manusia dari sengatan listrik dan mengamankan komponen - komponen instalasi dari bahaya tegangan atau arus abnormal. Sistem pentanahan yang paling sering digunakan saat ini pada gardu induk adalah kombinasi antara grid dan rod. Pada Penelitian ini dianalisa sistem pentanahan pada Gardu Induk Juli dengan menganalisis bagaimana sistem pentanahan pada GI Juli 150 kV dan berapa nilai tegangan sentuh, tegangan langkah, dan tegangan pindah di GI Juli 150 kV. Didapat hasil sistem pentanahan Gardu Induk Juli kombinasi antara konduktor grid dan rod - nya memenuhi persyaratan berdasarkan SPLN T5.012:2020 dan dikategorikan sebagai sistem pentanahan yang aman. Dari hasil yang didapat tegangan mesh/sentuh sebenarnya (551,40 Volt) memenuhi standar dan lebih rendah dari ambang batas tegangan sentuh yang diizinkan adalah 827,19 Volt. Dan tegangan langkah sebenarnya (449,21 Volt) memenuhi standar dan lebih rencah dari ambang batas tegangan langkah yang diizinkan adalah 2960,74 Volt.

.

Kata-kata kunci: Gardu Induk, Sistem Pentanahan Grid, Tegangan Langkah, Tegangan Sentuh

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Ariesta, Riza. 2015. Studi Analisis Sistem Pentanahan Eksternal Pada gedung Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Lampung.

Nofrian, ricky. 2013. Pengetanahan netral sistem tenaga dan pentanahan peralatan Manual book earth / ground tester. Jakarta : Erlangga.

Yuniarti, Erliza. 2017. Penggunaan Gypsum dan Magnesium Sulfat Sebagai Upaya Menurunkan Nilai Resistansi Pentanahan


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)