RANCANG BANGUN SISTEM E-VOTING MENGGUNAKAN SENSOR FIGERPRINT BERBASIS IoT (Internet of Things)

Ricky Riansyah, Yassir Yassir, Anita Fauziah

Sari


Abstrak E-voting berbasis internet of things (IOT) menggunakan sensor fingerprint yang dirancang untuk melakukan pungutan suara berbasis teknologi, yang bertujuan untuk membangun suatu sistem yang dapat mempermudah proses pemungutan suara  yang transparan, akuntabel dan real time, sekaligus mempermudah laporan hasil pemungutan suara yang kredibel, langsung umum bebas dan rahasia  (luber) tanpa harus menghitung secara manual. Metode proses pemilihan Sistem E-voting dimana tahap pertama peserta merekam data dengan fingerprint sebagai pembaca sidik jari dan tahap kedua menggunakan keyped sebagai tombol memilih nomor suara yang terhubung ke arduino mega telah dipilih akan tersimpan di database. dari analisa hasil data pemungutan suara yang mengunakan E-voting dapat mempermudah perhitungan suara, mengurangi durasi waktu untuk penghitungan suara. Dengan E-voting dirancang untuk mempermudah pemungutan suara dan meminimalisir kesalahan bagi para pemilih dan hasil pemilihan yang jelas.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Adhi, R. A., & Harjono. (2014). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI E-VOTING BERBASIS SMS. Juita ISSN:2086-9398, III(2), 85–93.

Anwar, M. L. (2021). PERANCANGAN SISTEM PEMILIHAN KEPALA DESA SUKONOLO BERBASIS KOMPUTER (E-VOTING) MENGGUNAKAN FINGERPRINT (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Fatmawati, Nurlita Fitri. EFEKTIVITAS SISTEM E-VOTING PADA PEMILIHAN KEPALA DESA (PILKADES) DI KECAMATAN ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2018. Diss. Universitas Pancasakti Tegal, 2019.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)