RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING INTENSITAS CAHAYA DAN KECEPATAN ANGIN BERBASIS LORA (LONG RANGE)

Cut Stellastral, Hanafi Hanafi, Muhammad Syahroni

Sari


Abstrak —Sistem monitoring Intensitas cahaya dan kecepatan angin adalah alat yang digunakan untuk memantau intensitas cahaya dan kecepatan angin. Pemantauan di lakukan di pinggir pantai dari jarak jauh, Salah satu kendala dalam penerapannya adalah bagaimana mengukur potensi energi matahari dan energi angin untuk menentukan kelayakan di daerah tersebut jika tidak terdapat jaringan internet. Maka  sistem pemantauan ini menggunakan transmisi wireless LoRa yang mampu mengirimkan data sampai dengan jarak yang sangat jauh dimana secara teori, sistem komunikasi LoRa ini mampu menempuh jarak lebih dari 10 KM tanpa jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kemampuan dari transmisi LoRa dan  menguji efisiensi tenaga matahari dan kecepatan angin dalam menentukan energi terbarukan pada pesisir pantai pada kondisi LOS (Line Of Sigh). Hasil pengujian menunjukkan bahwa transmisi LoRa menggunakan modul SX1278 mampu mengirimkan data sampai dengan jarak 700 meter pada ketinggian berbeda dan jarak 700 meter pada ketinggian yang sama, dan jarak pengukuran mempengaruhi nilai kuat sinyal (RSSI), dan paket tak diterima (packet loss) dimana semakin jauh maka kuat sinyal akan semakin rendah dan paket diterima akan semakin banyak  dan pathloss akan semakin besar.  Monitoring ini telah berhasil menampilkan data kecepatan angin dengan rentang nilai kecepatan angin yang di tampilkan 0 m/s hingga 4,32 m/s dan di dapatkan persentase error kecepatan angin tertinggi sebesar 18,57% dan terendah sebesar 5,55%  dari selisih pembacaan. Monitoring ini telah berhasil menampilkan data intensitas cahaya dengan rentang nilai intensitas cahaya yang di tampilkan 0 lux hingga 44696,67 lux

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Darles Mawardi,(2017). “Sistem Monitoring Pengukuran Data Arah Dan Kecepatan Angin Menggunakan Jaringan Wifi ESP8266”,Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Universitas Sanata Dharma.

Octavian Derek., Elia K Allo., Novi M Tulung, (2016). ‘’Rancang Bangun Alat Monitoring Kecepatan Angin dengan Koneksi Wireless menggunakan Arduino”. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer,5 (4), 1-7.

Taufik Muzakkir., Halasan Sihombing., Eko Mardianto., Ferry Faisal, (2019). “Rancang Bangun Alat Ukur Kecepatan Angin dari Jarak Jauh melalui Website untuk keuntungan PLT Angin daerah wisata pantai Kalimantan Barat”. Seminar Nasional Teknik Elektro 4 (1), 64-68.

Sari, M. B., Yulkifli, Y., dan Kamus, Z. (2015).“Sistem pengukuran intensitas dan durasi penyinaran matahari Realtime PC berbasis LDR dan motor stepper”. Jurnal Otomasi Kontrol dan Instrumentasi, 7(1), 37.

Afizal Syafriza,( 2017). “komunikasi line Of Sight”.

Hasanul Fahmi & Muhammad Zarlis ,(2018). “Analisis Pengukuran Packet Lost Untuk Mendapatkan Kualitas Peforma Radio Streaming Dengan Kualitas Terbaik”. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi STI&K (SeNTIK) Volume 2, 26 Juli 2018, ISSN : 2581-2327.

Ismail,(2018)”Apa itu Lo-Ra’’.

Sokop, S. J., Mamahit, D. J., dan Sompie, S. R. (2016). “Trainer Periferal Antarmuka Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno”. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 5(3), 13-23.

F. Erwan, A. Muid, dan I. Nirmala, (2018), “Rancang Bangun Sistem Pengukur Cuaca Otomatis Menggunakan Arduino Dan Terintegrasi Dengan Website”, J. Coding, Sist. Komput. Untan, vol. 06, no. 03, hal. 255–264.

Pamungkas, M., Hafiddudin, H., & Rohma, Y.S.(2015). “Perancangan dan Realisasi Alat Pengukur Intensitas Cahaya”, ELKOMIKA: Jurnal Teknik Energi Elektrik, Teknik Telekomunikasi, & Teknik Elektronika, 3(2), 120.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)