BANGUN PROTOTYPE SPEED BUMP ZONA SEKOLAH BERBASIS MIKROKONTROLER

Gilang Alki Mardian, Rusli Rusli, Aidi Finawan

Sari


Abstrak Speed Bump atau polisi tidur adalah mekanisme yang dipasang pada jalan untuk mengurangi laju kendaraan dengan tujuan keamanan Tingginya angka kecelakaaan lalu lintas yang disebabkan oleh tidak disiplinnya pengguna jalan raya merupakan salah satu pemantik inovasi pembuatan prototype speed bump. Bertujuan untuk meminimalisirkan faktor kecelakaan pada zona sekolah disaat jam masuk dan jam pulang sekolah pembuatan prototype speed bump terdapat bahan penting, yaitu : Sensor HB100, RTC, Arduino, LED. Cara kerja prototype ini adalah speed bump akan aktif sesuai dengan jadwal yang sudah di programkan melalui arduino, lampu LED sebagai indikator aktif dan nonaktifnya. speed bump muncul dari permukaan jalan raya saat terdeteksi kecepatan laju kendaraan lebih dari 10 Km/h, jika tidak terdeteksinya laju kendaraan di atas 10 Km/h  speed bump akan turun, proses naik dan turunnya speed bump ini dilakukan oleh motor DC Harapan dari penelitian ini adalah mendapat produk prototipe speed bump modifikasi otomatis yang mana produk tersebut dapat menjadi satu inovasi dalam dunia lalu lintas dan menjadi suatu pendorong kedisiplinan masyarakat dalam tertib berlalu lintas.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andrew Sebastian Lelman, S. T. (2012). Permodelan Polisi Tidur Otomatis. Medan: Universitas Kristen Maranatha.

Bayu Julianto, M. S. (2015). Polisi Tidur Otomatis Untuk Menekan Pelanggaran Menerobos Lampu Lalu Lintas.

Enny. (2016). Optimalisasi Penggunaan Alat Praktikum Power Supply Switching Dengan Menggunakan Topologi Half Bridge Konverter Sebagai Alat Bantu Praktikum Elektronika Analog.

Fitra, L. N. (2020). Desain Sistem Monitoring Cuaca Berbasis Arduino Uno.

Irfan Mulia, Y. A. (2019). Desain Purwarupa Peralatan Pembatas Kecepatan Kendaraan Secara Adaptif Menggunakan Sensor Radar HB100 Berbasis Mikrokontroler ATMega328P. Vol.4No.3 2019:38-43.

Jimy Harto Saputro, T. S. (2013). Analisa Penggunaan Lampu LED Pada Penerangan Dalam Rumah. Semarang: Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro.

Rahayuningtyas, A. (2009). Pembuatan Sistem Pengendali 4 Motor DC Penggerak 4 Roda Secara Independent Berbasis Mikrokontroller AT89C2051. Balai besar Pengembangan Teknologi Tepat Guna .

Saleh, M. (2017). RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN RUMAH . Jurnal Teknologi Elektro, Universutas Mercu Buana .

Suryadi. (2017). Sistem Kendali Dan Monitoring Listrik Rumahan Menggunakan Ethernet Sheeld Dan RTC (Real Time Clock) ARDUINO. JURNAL FATEKSA : Jurnal Teknologi dan Rekayasa

Syukri, R. P. (2020). Penerapan Alat Pembatas Kecepatan Atau Polisi Tidur Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Alat Pengendali Dan Pengaman Pengguna Jalan Di Kelurahan Air Putih Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Program Studi Ilmu Hukum Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau-Pekanbaru .

Wayuda. (2020). Rancang Bangun Mesin Penjual Berbasis Internet Of Things. Lhokseumawe: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Politeknik Negeri Lhokseumawe.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)