IMPLEMENTASI SISTEM KEAMANAN JARINGAN PADA MIKROTIK RB-951 MENGGUNAKAN METODE PORT KNOCKING

Muhammad Zafir Rifqi, Muhammad Syahroni, Misriana Misriana

Sari


AbstrakSeiring dengan perkembangan teknologi, sistem keamanan pada jaringan juga harus selalu ditingkatkan, banyaknya serangan yang dilakukan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab terhadap port-port dalam keadaan terbuka, sehingga nantinya membuat orang-orang yang tidak memiliki akses atau tidak berkepentingan dapat dengan mudah mengendalikan port-port tersebut. Maka untuk mengatasi serangan pada port-port terbuka tersebut, digunakanlah metode port knocking, dimana port knocking akan memblokir port yang terbuka dengan menggunakan layanan yang disediakan oleh router mikrotik, port knocking mempunyai rule atau aturan untuk dapat masuk ke server mikrotik. Selain itu dalam hal kualitas jaringan pada saat sesudah dan sebelum implementasi port knocking, diketahui bahwa nilai throughput upload terbesar didapatkan ketika pengujian port knocking, dengan nilai 14.167 Kbps, dan nilai throughput download terbesar didapatkan ketika pengujian normal, dengan nilai 7.272 Kbps. Hasil pengukuran delay diketahui bahwa nilai delay upload terkecil didapatkan ketika pengujian port knocking, dengan nilai 0,55 ms, dan nilai delay download terkecil didapatkan ketika pengujian normal, dengan nilai 0,9 ms. Untuk pengujian packet loss didapatkan nilai sebesar 0%. Pada penelitian ini port knocking diimplementasi pada router mikrotik dan diterapkan pada service port Winbox, WWW, dan Telnet dengan alur autentikasi 1, 2, 3, dan 4 dan memiliki waktu timeout 30 detik untuk kunci pertama, kedua, dan ketiga, serta waktu timeout 1 jam untuk kunci keempat, dimana kunci hanya dapat terbuka jika dilakukan secara berurutan. Diketahui bahwa rule knocking hanya dapat dilakukan oleh administrator saja, karena hanya administrator yang tahu rule knocking dari port knocking tersebut. Dan diketahui bahwa service port yang telah terpasang port knocking akan tertutup bila dilakukan proses port scanning.

Kata-kata kunci: Port Knocking, Port, Keamanan Jaringan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


P. Riska, P. Sugiartawan and I. Wiratama, Sistem keamanan jaringan komputer dan data dengan menggunakan metode port knocking, JSIKTI, pp. 53-64, 2018.

Amarudin and F. Ulum, Desain keamanan jaringan pada mikrotik router os menggunakan metode port knocking, TEKNOINFO, p. 2, 2018.

P. R. Utami, Analisis perbandingan quality of service jaringan internet berbasis wireless pada layanan internet service provider (isp) indihome dan first media


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)