EVALUASI SERANGAN EXPLOIT TERHADAP SISTEM OPERASI ANDROID PADA JARINGAN INTERNET

Odi Setiawan, Muhammad Muhammad, Muhammad Syahroni

Sari


AbstrakFailover merupakan teknik yang menerapkan beberapa jalur untuk mencapai suatu network tujuan. Namun dalam keadaan normal hanya ada satu link yang digunakan. Link yang lain berfungsi sebagai cadangan dan hanya akan digunakan bila link utama terputus. Penelitian ini merupakan pengimplementasian failover pada jaringan LAN dengan menggunakan metode recursive gateway berbasis mikrotik RB951UI. Dari hasil penelitian diperoleh nilai throughput,delay,dan packet loss dengan melakukan upload dan download data sebesar 10 MB, 20 MB, 30 MB. Nilai rata-rata thropughput masimum sebesar 10 Mbps dan nilai rata-rata thropughput minimum sebesar 3,1 Mbps. Nilai rata-rata delay maksimum yang dihasilkan sebesar 2,6 ms dan nilai  rata-rata delay maksimum yang dihasilkan sebesar 1 ms,semakin kecil nilai delay yang dihasilkan semakin bagus kinerja dari jaringan tersebut. Sementara untuk nilai packet loss sebesar 0% dimana tidak ada data yang gagal diupload dan didownload. Dalam keadaan normal sebelum diterapkan failover data gagal diupload maupun didownload ketika ISP Utama terputus dari internet,namun berbeda halnya setelah failover diterapkan karena sudah ada ISP yang membackupnya. Untuk waktu peralihan dari ISP utam ke ISP backup maupun sebalikanya rata-rata selama 32,7 detik untuk maksimumnya dan 15,7 detik untuk minimumnya. Hasil traceroute diperoleh ketika ISP Utama tidak mengalami gangguan maka jalur ke internet melalui gateway ip ISP Utama, akan tetapi ketika ISP Utama mengalami gangguan jalur ke internet akan dialihkan melalui gateway ISP backup.

Kata Kunci : Failover, recursive, LAN, Mikrotik

Referensi


REFERENSI

Afrianto, M. (2018). Sistem Backupkonfigurasi Router Secara Otomatis Dengan Shell Script”,(Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas 17 Agustus).Karya tidak di terbitkan

Didik Kurniawan, Wisnu Wardhana, N. A. I. (2016). Ilmu Komputer Unila Publishing Network all right reserve Jurnal Komputasi Penggabungan Dua ISP Guna Menstabilkan Koneksi Internet Dengan Metode Failover.4(2), 1–11.

Darmawan,Imanto, T. (2017). Analisa Link Balancing dan Failover 2 Provider Menggunakan Border Gateway Protocol ( BGP ) Pada Router Cisco 7606s. 03, 326–333.

Citraweb Solusi Teknologi 2020 Failover (online) www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=174, diakses tanggal 24 Desember 2020.

Sahari. (2015). Aplikasi Load Balancing PC Mikrotik Untuk Menggabungkan Dua Kecepatan Akses Internet Dari Dua Isp. Jurnal KomTekInfo Fakultas Ilmu Komputer, 2(1), 15


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)