EVALUASI SERANGAN EXPLOIT TERHADAP SISTEM OPERASI ANDROID PADA JARINGAN INTERNET

Fauzul Akbar, Hanafi Hanafi, Anita Fauziah

Sari


AbstrakPopulasi pengguna seluler didunia saat ini meningkat setiap hari dan bagian terbesar diantaranya adalah pengguna internet. Di indonesia sendiri saat ini pengguna internet didominasi oleh pengguna smartphone. Serangan exploit merupakan salah satu serangan remote exploit dimana serangan ini bekerja untuk mencuri data-data penting pada sebuah perangkat android dengan memanfaatkan celah yang terdapat pada sebuah system operasi android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara kerja serangan exploit terhadap smartphone android yang berada dalam jaringan internet dan membandingkan keamanan yang terdapat pada system android versi sebelumnya dan versi terbaru. Penelitian ini menggunakan metode apk msf dan metode apk original sebagai metode pengujian dalam melakukan serangan exploit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa serangan exploit masih dapat dilakukan pada smartphone android versi 8 dan versi 11 dengan durasi waktu exploitasi paling lama sekitar 5 menit 23 detik yang terjadi pada android versi 8 sedangkan durasi waktu exploitasi paling singkat sekitar 44 detik yang terjadi pada android versi 11. Pengujian exploitasi serangan exploit pada android versi 8 berhasil diimplementasi pada semua aspek sedangkan pengujian exploitasi pada android 11 dengan menggunakan metode apk msf tidak berhasil melakukan webcam snap, webcam stream dan dump contacts, namun ketika menggunakan metode apk original berhasil melakukan exploitasi di semua aspek impementasi kecuali dump contacts.

Kata-kata kunci: Exploit, Android, Evil Droid Framework, Backdoor, Smartphone

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

D. Reportal, "DIGITAL 2020: INDONESIA," 18 Februari 2020. [Online]. Available: https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia.

Tanaenbaum, "Pengertian Jaringan Komputer," 30 April 2021. [Online]. Available: https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-jaringan-komputer/. [Accessed 15 Maret 2021].

D. Web, "Jaringan Komputer: Pengertian, Topologi, dan Jenisnya," 10 Oktober 2020. [Online]. Available: https://www.dewaweb.com/blog/jaringan-komputer-pengertian-jenis/.

P. L. Pendit, "Penelitian Kualitatif," 2003. [Online]. Available: http://eprints.undip.ac.id/40650/3/BAB_III.pdf. [Accessed 15 Maret 2021].


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)