RANCANG BANGUN PROTOTYPE PENGELOLAAN KUALITAS AIR PADA TAMBAK MENGGUNAKAN ARDUINO BERBASIS INTERNET OF THING

Muhammad Trian Zulhaj, Jamaluddin Jamaluddin, Aidi Finawan

Sari


AbstrakKualitas air tambak merupakan faktor yang sangat penting untuk kelangsungan hidup dan produktivitas budidaya ikan bandeng. Kualitas air tambak yang baik dapat dilihat dari parameter fisika yaitu pH. Buruknya kualitas air dapat menyebabkan menurunnya nafsu makan ikan, penggemukan ikan menjadi lambat, dan mudah terserang penyakit. Secara fisik kualitas air untuk budidaya ikan bandeng  tersebut ditentukan oleh kecerahan air yang ideal, mempunyai nilai besarnya pH air yang optimal terhadap kehidupan ikan bandeng  pada tambak antara 6,5 – 8,5 pH, karena pada rentang nilai pH tersebut menunjukkan kondisi air yang seimbang dan optimal antara oksigen dengan karbondioksida sehingga berbagai mikroorganisme yang dapat merugikan akan sulit untuk berkembang. Tugas akhir perancangan prototype alat pengelolaan kualitas air pada tambak secara otomatis menggunakan arduino berbasis IoT menggunakan beberapa komponen diantaranya adalah Arduino Uno, Sensor pH, Sensor Ultrasonik, LCD 4x20, Pompa air, Relay, Adaptor serta Node MCU. Pengujian dilakukan dengan cara mendeteksi kualitas air pada tambak menggunakan sensor pH, nilai yg ditetapkan pada sensor yaitu 6.5-7 pH. Apabila nilai pH naik maka mikrokontroller akan memerintahkan untuk memasukkan cairan asam (pH Down) dan ketika nilai pH turun maka mikrokontroller akan memerintahkan untuk memasukkan cairan basa (pH Up). Sensor Ultrasonik bekerja untuk menentukan ketinggian air dalam tambak, sehingga ketika air melebihi batas ketentuan maka pompa aktif untuk membuang air tersebut dan data informasi dari alat ini dikirimkan ke telegram melalui Node MCU. Alat ini juga lebih efektif dalam menjaga kualitas air sehingga kesehatan ikan tidak terganggu.

Kata Kunci : Tambak, Mikrokontroller, Sensor pH, Sensor Ultrasonik, Internet of Thing, Node MCU

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agi Yusabihan, K. F. (2019). Rancang Bangun Sistem Monitoring Kualitas Air Pada Pembibitan Ikan Bandeng Di Tambak. Issn : 2407-0807, 1-6.

Agung Setya Wicaksana, B. S. (2020). Rancang Bangun Sistem Pengendalian Ph Air Pada Tambak Ikan Bandeng Menggunakan Kontroller Pid Berbasis Labview. 1-8.

Sustianti. (2014). Kajian Kualitas Air Dalam Kesesuian Budidaya Ikan Bnadeng.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)