ANALISIS KUALITAS JARINGAN PUJA TV KABEL DI WILAYAH KOTA LHOKSEUMAWE

Budi Arza, Fakhrur Razi Fakhrur Razi, Misriana Misriana

Sari


Abstrak Di era modern seperti sekarang ini keberadaan televisi telah menjadi salah satu kebutuhan pokok sebagian besar masyarakat lhokseumawe,pasalnya dengan tv masyarakat dapat memperoleh berbagai informasi tentang berbagai peristiwa yang terjadi di seluruh dunia.Seiring dengan perkembangan zaman kini hadir pula tv kabel atau Cable television.Untuk dapat mengetahui bagaimana kinerja jaringan Puja TV Kabel Lhokseumawe yaitu dengan mengukur parameter sinyal CNR(Carrier to Noise Ratio), Insertion Loss,Redaman saluran kabel. Parameter tersebut diukur dengan menggunakan alat ukur DB meter.Pada Parameter CNR nilai sinyal terbaik berada pada wilayah Pusong lama dengan nilai sinyal 50db, 50db, 50db, 50db,49,5 pada lima lokasi yang berbeda,sedangkan nilai terburuk berada pada wilayah Tempok tengoh dengan nilai sinyal 49,5db,50db,49,5db,48,5db,47 db.Nilai sinyal terbaik pada Parameter insertion loss berada pada wilayah Pusong lama yang menghasilkan loss 0.5db,1,5db,0,5db,1db,0,5db diperoleh pada lima lokasi yang berbeda, sedangkan nilai terburuk berada pada wilayah Tempok tengoh dengan nilai loss 9db yang diukur pada jam 20.35 malam hari.Pada parameter terkahir yaitu redaman saluran kabel nilai redaman terbaik berada pada lokasi wilayah Pusong lama dengan nilai sinyal 27db dengan jarak rentang kabel 500 meter di ukur pada jam 20.35 dan nilai sinyal terendah berada pada wilayah Tempok tengoh  dengan nilai sinyal 7,5db dengan rentang jarak kabel 150 meter di ukur pada jam 20.35.Setelah dilakukan nilai sinyal terbaik dari ketiga Parameter tersebut berada pada wilayah Pusong lama.

 

Kata kunci - CNR(Carrier to Noise Ratio), Insertion Loss,Redaman saluran kabel, DB meter.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.A.Eka.Paramarta,G.Sukadarmika dan P.K.Sudiarta.(2017).Vol.16 No.1.”ANALISIS KUALITAS JARINGAN LOKAL AKSES FIBER OPTIK PADA INDIHOME PT TELKOM DI AREA JIMBARAN”.

Novi Aryani Fitri,Hidayat Sri Hendayana dan Dasril.(2014).”ANALISIS KUALITAS JARINGAN USEE TV KABEL MENGUNAKAN KABEL TEMBAGA PADA PT TELKOM PONTIANAK”.

Arif Syam.(2019).Vol.14 No.2.”ANALISIS KOMUNIKASI JARINGAN TV KABEL DENGAN PARAMETER KUALITAS SIARAN”.

Wahyu Pamungkas,Nunung Sastomo dan Erlinda Febrianingtyas.(2012). Vol.4 No.2.”ANALISIS KUALITAS JARINGAN AKSES TEMBAGA TERHADAP LAYANAN SPEEDY STUDI KASUS PADA PT TELKOM”.

Frantika Arie Yolanda dan Naemah Mubarraka.(2015).Vol.12 No.34.”ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA TEKNOLOGI MSAN DAN GPON PADA LAYANAN TRIPLE PLAY.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)