RANCANG BANGUN SISTEM PENGAMAN PINTU GESER OTOMATIS MENGGUNAKAN E-KTP SCANNING RFID RC-522 BERBASIS MIKROKONTROLLER ATmega 328

Lilis Mahrumi, Jamaluddin Jamaluddin, Rusli Rusli

Sari


Abstrak- Sistem keamanan pada pintu saat ini sudah banyak diciptakan berbagai macam alat keamanan di ruangan, keamanan yang dipasang pada setiap pintu memiliki perbedaan semakin berkembangnya teknologi mikrokontroler saat ini sistem keamanan dapat dilakukan dengan menggunakan alat elektronik sebagai pengganti sistem keamanan lainnya, E-KTP termasuk dalam jenis kartu pintar (smartcard) yang dapat dimanfaatkan sebagai token akses dan berfungsi anak kunci elektronik. Rancang bangun sistem pengaman pintu geser otomatis menggunakan E-KTP scanning RFID RC-522 berbasis mikrokontroller ATmega328 sebagai pengendali rangkaian. Pelitian ini menggunakan metode riset dan pegembangan. pintu geser otomatis ini deprogram oleh aplikasi Arduino dengan menggunakan Radio Frequenci Indentification (RFID). Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan  bahwa simulasi alat pengaman pintu seger otomatis ini menggunakan E-KTP scanning RFID mempu mendeteksikan kartu E-KTP dari 2 detik samapi dengan 5 detik mulai saat kartu ID E-KTP di tempelkan pada sensor RFID. Dan sistem pada pintu otomatis ini akan berkerja jika ID sesuai dan motor stepper akan menggerakan pintu geser secara otomatis.

 

Kata kunci : E-KTP, Mikrokontroller ATmega328, RFID RC-522, Motor Stepper, Pintu Geser Otomatis.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Saputro, Eko, dan Wibawanto, (2016). “Rancang Bangun Pengaman Pintu Otomatis Menggunakan E-KTP Berbasis Mikrokontroler ATmega328. Jurnal Teknikelektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia.”.

Suyatno Budiharjo , Shihabul , (2013), “Keamanan Pintu Ruangan Dengan Rfid Dan Password Menggunakan Arduino Uno”,

N Seppiawan Ashar, Nurussa’adah (2013), “Sistem Keamanan Pintu Pagar Otomatis Menggunakan Voice Recognition”,.

https://WWW.MirokontrollerATmega328.com


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)