RANCANG BANGUN PROTOTYPE BAGAN TANCAP PENANGKAPAN IKAN SECARA OTOMATIS

Muhajjir Muhajjir, Muhaimin Muhaimin, Jamaluddin Jamaluddin

Sari


Abstrak- Nelayan tradisional yang menggunakan jaring sebagai alat penangkap ikan tidak dapat mengetahui seberapa banyak ikan yang sudah berhasil terjaring, Nelayan selalu menunggu jaring sudah ditebar untuk menangkap ikan. Belum ada perangkat yang dapat memberikan informasi real time jumlah tangkapan ikan, jaring ditebar dan menarik jaring ikan secara otomatis ketika jumlah signal ikan mencukupi untuk ditarik Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi kepada nelayan terkait hasil tangkap ikan, ketika jaring telah ditebar dan dapat menarik jaring ikan secara otomatis setalah sensor membaca signal ikan dengan 10X signal. Perangkat prototipe ini menggunakan sensor ultrasonic, sensor getaran, sensor load cell dan limit switch. Hasil pembacaan sensor akan diproses menggunakan Arduino Uno kemudian akan diproses dan ditampilkan pada LCD dan motor DC sebagai output. Jika jumlah signal ikan sudah sampai 10X signal maka jaring akan secara otomatis terangkat lalu LCD akan menampilkan berat ikan yang di tangkap, dan apabila signal ikan tidak terbaca sampai 10X signalnya maka akan di hitung ulang oleh sensor ultrasonic dan sensor getaran.

 

Kata kunci : Nelayan ,Real time, Sensor ultrasonic, Load cell, Limit switch, Sensor getaran, LCD.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, M Z (2015). “Pembuatan Prototipe Bagan Penangkap Ikan Otomatis Menggunakan Sensor Sonar”. Skripsi. Universitas Negeri Lampung, Bandar Lampung.

Alexander, R F. (2013). “ Aplikasi Sensor Load Cell Pada Alat Pengering Herbal”

Adriansyah, Andi, dan Oka Hidyatama2. 2013. “Rancang Bangun Prototipe Elevator Menggunakan Microcontroller Arduino Atmega 328P.” Jurnal Teknologi Elektro 4(3): 100–112.

Bangun, Rancang et al. 2018. “Design and Trial Test of Fish Caller Device " Piknet " for Gillnet Oleh :” 9(2): 199–207.

Dofir, Muhamad Ali, Galih Dandung, Akbar Gumala, dan Dwi Nanda. 2016. “D ’ lefti ( Life Fishing Instrument ): Model Alat Penangkapan Ikan Masa Depan (Implementasi Permen No 2 / PERMEN-KP / 2015 Tentang Penggunaan Alat Tangkap Ikan Ramah Lingkungan) dengan Meminimalisir Hasil Sampingan (Bycatch ) Ikan Hiu (Carcharhimus sp.).” Artikel Ilmiah Life Fishing Instrument (2): 5.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)