RANCANG BANGUN PLANT KALIBRASI ELECTRIC CONTROL VALVE DENGAN METODE UJI LINEARITAS ARUS TERHADAP OPENING CONTROL VALVE

Andika Reza, Azhar Azhar, Aidi Finawan

Sari


Abstrak— Plant kalibrasi adalah sebuah plant yang bertujuan melakukan serangkaian kegiatan yang membentuk hubungan antara nilai yang ditunjukkan oleh instrumen ukur atau sistem pengukuran, atau nilai yang diwakili oleh bahan ukur, dengan nilai-nilai yang sudah diketahui yang berkaitan dari besaran yang diukur dalam kondisi tertentu. Dengan kata lain sebuah plant yang bertujuan melakukan kegiatan untuk menentukan kebenaran nilai penunjukkan alat ukur dan bahan ukur dengan cara membandingkan terhadap standar ukur yang mampuatelusurskestandarknasional maupun internasional untuk satuan ukuran dan/atau internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi. Plant ini juga dibuat untuk mengkalibrasikan peralatan yang ada pada industri salah satunya untuk mengkalibrasikan electric control valve. Pada sebuah plant kalibrasi electric control valve terdapat beberapa komponen/peralatan yang mana gabungan dari beberapa peralatan ini baru bisa dikatakan sebagi sebuah plant kalibrasi. Peralatan yang harus digunakan pada sebuah plant kalibrasi di antaranya sebuah kontroller yang digunakan untuk untuk mengontrol valve yang akan di kalibrasikan, sebuah electric control valve dan perpipaan laju fluida. Kontroler merupakan salah satu komponen sistem pengaturan yang berfungsi mengolah sinyal umpan balik dan sinyal masukan acuan (setpoint). Sinyal error disini adalah selisih antara sinyal umpan balik yang dapat berupa sinyal keluaran plant sebenarnya atau sinyal keluaran terukur dengan sinyal masukan acuan (setpoint). Pada plant ini kontroller yang digunakan adalah PLC (Programmable Logic Controller), PLC ini sendiri yaitu sistem elektronik yang beroperasi secara digital dan didisain untuk pemakaian di lingkungan industri, dimana sistem ini menggunakan memori yang dapat diprogram untuk penyimpanan secara internal instruksi-instruksi yang mengimplementasikan fungsi-fungsi spesifik seperti logika, urutan, perwaktuan, pencacahan dan operasi aritmatik untuk mengontrol mesin atau proses melalui modul-modul I/O digital maupun analog.

Kata Kunci Kalibrasi, PLC, Kontrol Valve, Uji Linearitas


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Zami, Zam. 2010. “Analisa Valve dan Kerusakannya”. Jurnal Tugas Akhir Fakultas Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Pontianak.

http://tehnikinstrument.blogspot.com/2016/04/control-valve-jenis-control-valve html. Diakses pada 18 Februari 2020

https://id.scribd.com/document/284380316/Supplement-Calibration-Working-Control-Value-IsA. Diakses Pada 18 Februari 2020

https://www.teknisiinstrument.com/2014/04/13/mengapa-4-20ma/. Diakses Pada 07 Juli 2020


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)