RANCANG BANGUN TURBIN PELTON PADA PROTOTYPE PLTPH

Muhammad Dwi Rayyadi, Suprihardi Suprihardi, Zulfikar Zulfikar

Sari


AbstrakSumber daya air adalah sumber daya yang berupa air yang dapat berguna bagi seluruh manusia. Kegunaan air meliputi penggunaan di bidang pertanian, industri, rumah tangga, rekreasi, dan aktivitas lingkungan. Kuantitas total dari air yang tersedia pada suatu waktu adalah hal yang penting. Sumber energy alternative berupa air ini dapat di manfaatkan untuk pembangkit energy listrik bertenaga air, yang memanfaatkan jatuhnya atau ketinggian dari air tersebut. Dengan menggunakan Pompa sebagai penggerak utama turbin, pompa dapat mengeluarkan semburuan air yang cukup lumayan kuat, sehingga semburan itu dapat memutarkan sudu – sudu dari turbin tesebut. Biasanya penggerak utama turbin air ini memanfaatkan jatuhnya air dari ketinggian tertentu. Dengan menggunakan pompa sebagai penggerak utama turbin daya listrik yang di hasilkan oleh generator menurut hasil perhitungan sebesar . dengan debit air yang di hasilkan oleh pompa sebesar  dan tekanan udara pada tabung pompa max 3 bar, Kecepatan pada putaran turbin pelton 170 rpm dan kecepatan putaran generator 423 rpm, dengan putaran tersebut generator dapat menghasilkan tegangan sebesar 120 Volt Ac.

 

Kata Kunci Turbin Pelton, Debit Air, Tegangan, Putaran


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Busono, T., & Purwanto, D. (2018). Memilih Generator Dan Perencanaan Jaringan Sistem Distribusi Listrik PLTMH. Jakarta: Direktorat Pembelajaran, Dit Belmawa, Kemenristekdikti RI.

David Setiawan Wie 1, A. I. (2017). Perencanaan Dan Implementasi Prototipe Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (Pltmh), 32. Progam Studi S11 Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya, Ketintang 60231, Indonesia. 2,Dosen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya, Ketintang 60231, Indonesia.

Hery Irawan1, S. 2. (2018). Analisis Performansi Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Air Jenis Turbin Pelton Dengan Variasi Bukaan Katup Dan Beban Lampu Menggunakan Inverter, 27 - 28. 1 jurusan Teknik Mesin, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

IMIDAP. (2008). Pedoman Teknis Standardisasi Peralatan Dan Komponen Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH). Jakarta: Departemen Energi Dan Sumber Daya Mineral.

Muh. Misbachudin1), D. S. (2016). (1.2.3.4) Perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro Di Desa Kayuni Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat, 2 - 4. Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Sriwijaya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)