ANALISA KARAKTERISTIK PROPAGASI GELOMBANG RADIO PADA KOMUNIKASI BERGERAK

Nurul Aini, Munawar Munawar, Amir D

Sari


Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan karakteristik  propagasi gelombang radio oleh faktor lingkungan dimana kanal radio itu berada. Propagasi gelombang radio merupakan proses perambatan gelombang radio melalui media saluran transmisi udara dari antena pemancar ke antena penerima yang dipisahkan oleh jarak. Penelitian ini menggunakan mode log-distance dan okumura untuk menghitung pathloss atau rugi-rugi propagasi di setiap sektor pengukuran. Metode pengukuran menggunakan aplikasi network cell infolite. Berdasarkan data dan hasil analis perhitungan diketahui bahwa karakteristik rata-rata rugi propagasi pada lintasan radio komunikasi bergerak  dipengaruhi jarak dan redaman yang disebabkan banyaknya persentase daun pepohonan disekitar Tx dan Rx,  sementara persentase permukaan gedung  yang berada antara Tx dan Rx, tidak segnifikan memperbesar rugi-rugi propagasi lintasan gelombang radio tersebut. Karakteristik pathloss pada luas permukaan pepohonan antara Tx-Rx sebesar 25,90%, diketahui nilai sebesar 23,47dB sementara dengan persentase lebih besar yaitu 16,30%, memiliki pathloss sebesar 51,64dB. Untuk media gedung dengan luasan permukaan 22,44% dengan nilai pathloss 23,47dB sedangkan dengan presentase lebih besar 13,96% dimana nilai pathlossnya 51,64dB. Secara umum karakteristik rata-rata rugi-rugi propagasi bertambah dengan berubahnya jarak dan faktor spesifik lingkungan. Fenomena ini tidak berlaku pada sektor utara, sektor utara barat laut, dan sektor selatan. Pada ketiga sektor tersebut diperoleh kondisi pathloss menurun dengan berubahnya  perbedaan jarak dan keadaan spesifik lingkungan. Pada model Okumura nilai pathloss rata–rata pada ketuju sektor  terdistribusi normal mengikuti perubahan jarak, lingkungan atenuasinya. Nilai pathloss terkecil dengan hasil perhitungan model ini adalah 16.209,00 dB dan nilai pathloss terbesar adalah 133.274,02 dB. Nilai karakteristik eksponen rugi-rugi lintasan pada ketujuh sektor dihitung dengan model log distance path loss adalah berturut-turut -1,82,  -0,12, 0,14, 0,21, 2,73, 3,66, dan -2,94.

 

Kata kunci - Karakteristik, Gelombang Radio, Pathloss, log-distance, Okumura


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Usman, Uke Kurniawan “ Propagasi Gelombang Radio Pada Teknologi Seluler”.(Tugas akhir Mahasiswa Fakultas Teknik Elektro Program Studi Teknik Telekomunikasi Universitas Telkom), Karya tidak diterbitkan.

T.S Rappaport pada tahun 2001 dalam bukunya Wireless communications –Principles and practice, 2nd Edition, Prentice Hall.

Al-Absi, Abdulhakim Muhammed,dkk “An environmental channel throughput and radio propagation modeling for vehicle-to-vehicle communication” International Journal of Distributed Sensor Networks.

D, Amir.2012.”Analisa Propagasi Gelombang Radio Dalam Ruang Pada Komunikasi Radio Bergerak ” Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe.

W.Y.C. Lee, “ Mobile Comunications Engineer”, Mc-Graw Hill Book Comp. 19872

Berliansa edvan,2016(juni)”4g-lte-drive-test-parameter” https://edvanberliansa.wordpress.com

Neil j. Boucher, “The Cellular Radio HandBook”, Quantum Publishing, Inc. California, 1990


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)