ANALISIS PERBANDINGAN METODE DESCRETE FOURIER TRANSFORM DAN METODE DESCRETE COSINE TRANSFORM PADA TEKNIK MENYEMBUNYIKAN SINYAL SUARA

Elawati Elawati, Raisah Hayati, Hanafi Hanafi

Sari


Abstrak – Sinyal Suara adalah salah satu sinyal yang sangat dipengaruhi frekuensi dan merupakan bentuk sinyal kontinyu yang sangat dipengaruhi oleh waktu. Proses penyampaian informasi tidak hanya berupa data teks tetapi juga berupa suara manusia yang dilakukan dengan percakapan atau pembicaraan. Penyampaian informasi atau pembicaraan terkadang bersifat rahasia dan hanya bisa diterima oleh orang yang dimaksud atau berhak menerimanya. Dalam penelitian ini akan dilakukan teknik menyembunyikan sinyal suara sehingga informasi yang ingin di  sampaikan hanya di terima oleh tujuan yang di inginkan. Sinyal suara yang gunakan adalah sinyal suara laki-laki dengan format wav. Untuk pengolahan sinyal dilakukan dengan MATLAB. Metode yang digunakan adalah Metode Discrete Fourier Transform dan Metode Discrete Cosine Transform untuk mentransformasikan sinyal suara dalam domain waktu menjadi sinyal suara  dalam domain frekuensi. Setelah sinyal suara dalam format .Wav di load maka  dilakukan teknik menyembunyikan sinyal suara dengan cara menaikkan frekuensinya agar sinyal informasi yang di kirimkan tidak dapat di dengar oleh orang yang tidak diinginkan. Berdasarkan penelitian teknik menyembunyikan sinyal suara menggunakan metode DCT lebih efektif atau cocok dibandingkan teknik menyembunyikan sinyal suara menggunakan metode DFT, karena saat menggunakan metode DCT sinyal suara dapat disembunyikan sedangkan menggunakan metode DFT tidak.

 

Kata kunciDiscrete fourier Transform, Discrete Cosine Transform, MATLAB, sinyal suara


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


N.H.Prativi. 2012 (September). “Simulasi Sistem Pengacakan Sinyal Suara Secara Realtime Berbasis Fast Fourier Transform (FFT), Universitas Lampung, Vol. 6, No. 3.

Reonaldo Yohanes Sipasulta, Arie.S.M. Lumenta ST, MT., Sherwin R.U.A. Sompie, ST, MT. 2014. “Simulasi Sistem Pengacak Sinyal Dengan Metode FFT (Fast Fourier Transform)”, E-journal Teknik Elektro dan Komputer,ISSN 2301-8402.

Ingle,Vinay K and Prokis John G. 2012. Third Edition Digital Signaling Processing Using MATLAB, Cangage Learning

Raisah Hayati, Rahmadi Kurnia, 2015, “Simulasi Unjuk Kerja Discrete Wavelet Transform (Dwt) Dan Discrete Cosine Transform (Dct) Untuk Pengolahan Sinyal Radar Di Daerah Yang Ber-Noise Tinggi”, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Lhokseumawe, Vol: 3 No. 1 Maret, 2014, ISSN: 2302 – 2949


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)