RANCANG BANGUN MESIN PENJUAL MAKANAN RINGAN BERBASIS INTERNET OF THINGS

Wayuda Wayuda, Aidi Finawan, Maimun Maimun

Sari


Abstrak- Perkembangan zaman pada saat ini berjalan dengan sangat cepat dalam segala aspek kehidupan manusia dimanapun berada, salah satunya adalah perkembangan dalam dunia usaha penjualan makanan ringan. Mesin penjual makanan ringan (vending machine) berbasis internet of things merupakan salah satu solusi dalam meningkatkan penjualan makanan ringan, karena pembeli memasukkan nomor indentifikasi (ID) dengan angka enam digit untuk melakukan transaksi pembelian. Komponen yang digunakan untuk membuat vending machine ini  meliputi mikrokontroler ATMega2560, ESP8266, LCD, motor DC, rele, keypad, sensor ultrasonik, sensor magnet. Prinsip kerja dari sistem secara keseluruhan adalah pembeli cukup melakukan pendaftaran akun dan pengisian saldo lalu pembeli mendapatkan ID yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembelian pada mesin penjual. Setelah itu pembeli bisa langsung memilih makanan yang akan dibeli dan saldo pada akun akan berkurang otomatis sesuai harga makanan yang dibeli. Bila ID yang dimasukan tidak terdaftar atau salah maka transaksi pada mesin tidak dapat dilanjutkan. Berdasarkan hasil perancangan, pembuatan, dan pengujian, mesin penjual makanan ringan berbasis internet of things dapat berfungsi baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

 

Kata kunci˗˗Vending Machine, Internet of Things, microkontroller


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Purnomo, Agung. (2015). “Perancangan dan Pembuatan Mesin Penjual Makanan Otomatis Menggunakan Relai Cerdas”. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Andrew Sebastian Lehman, Joseph Sanjaya. (2017). “Perancangan Mesin Penjual Makanan Ringan Otomatis”. Sistem Komputer Universitas Kristen Maranatha Bandung Jl. Suri Sumantri 65, Bandung 40164.

Alamsyah, I. T. P. (2014) “Pe

nerapan Algoritma Greedy Pada Mesin Penjual Otomatis (Vending Machine)”, Scientific Journal Of Informatics, 1(2), Pp. 201-209. Doi: 10.15294/Sji.V1i2.4608.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)