RANCANG BANGUN ALAT PENGEPRES LIMBAH KALENG MINUMAN DIBAYAR DENGAN UANG LOGAM BERBASIS MIKROKONTROLLER

Syahroel Ramadhan, Rusli Rusli, Muhammad Kamal

Sari


Abstrak- Dalam perkembangannya sampah kaleng menjadi bahan yang dicari para pemulung. Sering kita lihat juga para pengepul barang bekas terutama kaleng bekas minuman melakukan penekanan kaleng masih menggunakan cara manual, yaitu dengan cara menginjak atau dengan memukul kaleng bekas tersebut dengan palu, agar ukurannya menjadi lebih kecil. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah rancangan alat pengepress limbah kaleng dibayar dengan uang logam berbasis mikrokontroller. Metode pengepress kaleng dilakukan dengan cara mendeteksi limbang kaleng sebagai objek logam, lalu mengepress nya dengan silinder pneumatik, kemudian alat akan membayarkan berupa uang koin sesuai dengan jumlah kaleng yang dipress. Kaleng yang dideteksi menggunakan sensor proximity, ketika kaleng sudah dipress maka objek akan jatuh lalu dideteksi oleh sensor infrared, lalu motor DC akan mengeluarkan uang pembayaran dan LCD akan menampilakan silahkan ambil koin. Hasil dari penelitian ini adalah kaleng dapat terpress dengan tekanan 5,6 Psi.

 

Kata Kunci-Kaleng, Pengepress, Silinder Pneumatik, Sensor Proximity, Infrared, LCD.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Haramain, M. Al, Effendi, R., & Susilo, H. A. (2017). Perancangan Silinder Hidrolik Pada Mesin Molding Karet Dengan Kapasitas 25 Ton. 11(1), 55– 61.

Hardi, S. (2019). Rancang bangun sistem pengepresan kaleng minuman otomatis menggunakan aktuator pneumatik berbasis arduino uno 1,2,3. Jurnal Tektro, 3(1), 64–69.

Indriyanto, R. F. (2018). Pneumatik Pada Mesin Press Dan Potong Untuk Pembuatan Kantong Plastik Ukuran 400 X 550 Mm. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 9(2), 1053–1060.

Priyati, A., Ansar, A., & Abdullah, S. (2015). Karakteristik Dan Simulasi Sistem Kontrol Hidrolik Pada Proses Pengepresan Biji Jaraks Kepyar (Ricinus Communis L.). Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian Dan Biosistem, 3(2), 164– 169.

Rohman, A., & Subandi, A. (2016). Rancang Bangun Pemilihan Jenis Sampah Skala Kecil Berbasis Mikrokontroler Secara Otomatis. 1–6.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)