DESAIN SISTEM MONITORING CUACA BERBASIS MIKROKONTROLLER ARDUINO UNO

Lita Nurul Fitra, Muhaimin Muhaimin, muhammad Basyir

Sari


Abstrak — Pengamatan parameter cuaca merupakan hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari, selama ini data cuaca hanya dapat diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Data klimatologi yang diperoleh dari BMKG yaitu suhu, curah hujan, penyinaran matahari, kelembaban udara, kecepatan angin dan arah angin. Dari data-data tersebut, kita tak lagi harus menghubungi pihak BMKG untuk memperoleh data tersebut karena pada tugas akhir ini telah diuji data-data klimatologi. Cuaca merupakan suatu informasi sangat diperlukan oleh berbagai kalangan khususnya bandara, pelabuhan dan lingkungan lainnya. Perubahan cuaca terjadi secara terus menerus setiap waktu dan cuaca pada suatu daerah dengan daerah lainnya memiliki parameter cuaca yang berbeda-beda. Hasil pengujian  alat monitoring curah hujan diperoleh persentase kesalahan tertinggi dibandingkan dengan sensor lainnya yaitu pada tanggaL 22 Juli 2020 pukul 07.00 WIB sebesar 11,7% dan persentase kesalahan terendah yaitu 0 % pada sensor arah angin.

 

Kata kunci : Parameter Cuaca, BMKG, Curah Hujan, Arah Angin.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


W. Sucipto, I. G. A. K. D. Djuni Hartawan, dan W. Setiawan, (2017), “Rancang Bangun Perangkat Pemantau Cuaca Otomatis Berbasis Mikrokontroler Pada Jaringan WLAN IEEE 802.11b,” J. SPEKTRUM, vol. 04, no. 02, hal. 48–55.

Ulya, Faza, (2017), “Rancang Bangun Sistem Monitoring Cuaca Dengan Tampilan ThingSpeak”, Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Fadholi, A. (2013). Pemanfaatan Suhu Udara dan Kelembaban Udara dalam Persamaan Regresi untuk Simulasi Prediksi Total Hujan Bulanan di Pangkalpinang. CAUCHY, 3(1), 1-9.

Suwarti, S., Mulyono, M., dan Prasetiyo, B. (2017). Pembuatan Monitoring Kecepatan Angin Dan Arah Angin Menggunakan Mikrokontroler Arduino. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional.

Siswanto, S., Anif, M., Hayati, D. N., dan Yuhefizar, Y. (2019). Pengamanan Pintu Ruangan Menggunakan Arduino Mega 2560, MQ-2, DHT-11 Berbasis Android. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 3(1), 66-72.

Pamungkas, M., HAFIDDUDIN, H., dan ROHMAH, Y. S. (2015). Perancangan dan Realisasi Alat Pengukur Intensitas Cahaya. ELKOMIKA: Jurnal Teknik Energi Elektrik, Teknik Telekomunikasi, dan Teknik Elektronika, 3(2), 120.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)